Mengapa Kita Mudah Lapar Saat Musim Hujan?

Mengapa Kita Mudah Lapar Saat Musim Hujan?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/holamigo.id
Banyak orang merasa mudah lapar ketika hujan turun, lebih-lebih saat hujan turun hampir setiap saat. Rasanya ingin terus makan atau ngemil, khususnya makanan yang hangat seperti bakso, mi rebus, atau semacamnya.

Fenomena mudah lapar di musim hujan dialami banyak orang. Sebagian orang mengatakan bahwa kondisi semacam itu dipicu oleh suasana hujan yang menjadikan kita tidak bisa ke mana-mana, dan akhirnya hanya berdiam di rumah. Karena tidak bisa ke mana-mana, kita pun jadi kepikiran untuk makan.

Tapi apakah memang cuma itu penyebab kita mudah lapar saat hujan turun? Atau adakah penjelasan ilmiahnya?

Judith Wartman punya teori ilmiah terkait penyebab kita mudah lapar ketika musim hujan. Menurut dia, hal itu berkaitan dengan paparan sinar matahari dan hormon tubuh, yang menjadikan nafsu makan banyak orang meningkat. Judith Wartman adalah ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology Amerika Serikat, sekaligus penulis buku The Serotonin Power Diet.

“Ketika hujan turun, jumlah cahaya matahari jadi sedikit,” kata Judith Wartman. “Hal itu menjadikan hormon serotonin—hormon yang mengatur waktu tidur, suasana hati dan nafsu makan—menurun.” Akibatnya, kita pun jadi mudah mengantuk, mudah merasa “sendu”, sekaligus mudah lapar.

Saat hujan turun, suhu tubuh kita juga cenderung turun atau kedinginan. Kondisi itu menjadikan otak memberi sinyal pada tubuh agar kembali dihangatkan. Bagaimana caranya? Selain mengenakan pakaian hangat, makanan juga bisa menjadi pemanas alami untuk suhu tubuh.

Terkait hal itu, Judith Wartman menyatakan, “Mengonsumsi karbohidrat dapat membantu seseorang merasa lebih baik. Karena karbohidrat bisa menaikkan jumlah kadar hormon serotonin di dalam tubuh secara cepat.”

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 6640482157510714240

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item