Apa yang Disebut Plankton, dan Dari Mana Mereka Berasal?

Apa yang Disebut Plankton, dan Dari Mana Mereka Berasal? belajarsampaimati.com
Ilustrasi/surabayastory.com
Paus, yang memiliki ukuran sangat besar, biasa memakan plankton. Begitu pula kebanyakan makhluk lain yang hidup di laut. Bahkan batu karang dan kerang juga memakan plankton. Jadi, apa itu plankton?

Plankton didefinisikan sebagai organisme hanyut apa pun yang hidup di zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar. Secara luas, plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.

Lalu dari mana asal plankton? Plankton berukuran kecil, dan terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Meski termasuk jenis makhluk hidup, plankton tidak memiliki kekuatan untuk melawan arus, air pasang, atau angin yang menghanyutkannya.

Umumnya, plankton hidup di pesisir pantai, tempat yang memungkinkannya mendapat garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Itu penting untuk memungkinkannya terus hidup. Dan karena plankton menjadi makanan ikan, pesisir pantai pun sering didatangi ikan-ikan, dan manusia biasa melakukan kegiatan memancing di sana.

Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari sisa-sisa tumbuhan. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 8003619830322498893

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item