Kota-Kota Mana yang Sistem Transportasinya Terbaik di Dunia?

Kota-Kota Mana yang Sistem Transportasinya Terbaik di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Denver, Amerika Serikat/detik.com
Sistem transportasi adalah hal penting, karena banyak hal bergantung pada sistem transportasi yang baik, tertata, dan efisien. Dalam ilustrasi yang mudah, sistem transportasi yang baik akan memudahkan para pekerja untuk datang tepat waktu ke tempat kerja, tanpa harus terburu-buru, dan tanpa harus terjebak macet.

Sistem transportasi yang baik juga memungkinkan pengiriman barang tepat waktu, sehingga operasional bisnis dapat berjalan lancar tanpa banyak kendala.

Sebaliknya, sistem transportasi yang kacau dan tidak efisien akan mempengaruhi banyak hal lain untuk sama kacau dan tidak efisien. Para pekerja harus buru-buru berangkat ke tempat kerja, karena sering terjebak kemacetan di jalan.

Akibatnya, banyak waktu dihabiskan sia-sia di perjalanan. Sistem transportasi yang kacau juga menjadikan pengiriman barang kerap mengalami keterlambatan, dan itu bisa memicu banyak kerugian, langsung maupun tak langsung.

Itu ilustrasi mudah yang menunjukkan bahwa sistem transportasi yang baik dan efisien sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kota yang baik dan efisien. Dalam hal ini, kita bisa belajar pada kota-kota berikut, dalam menata dan membangun sistem transportasi, hingga mereka dikenal sebagai kota-kota dengan sistem transportasi terbaik di dunia.

Tokyo, Jepang

Tokyo adalah kota yang sangat sibuk, bahkan salah satu yang paling sibuk di dunia. Tapi kota ini memiliki sistem transportasi yang baik dan efisien. Transportasi publik di Tokyo sangat menjunjung tinggi kebersihan dan efisiensi.

Tidak hanya sarana transportasi dalam bentuk kereta api, Tokyo juga sangat memperhatikan sarana transportasi lain meliputi kendaraan umum seperti bus, trem, monorail, dan lain-lain.

Setiap tahun, kereta bahwa tanah Tokyo menampung 3,2 miliar penumpang, dan menjadi salah satu kereta bawah tanah tersibuk di dunia. Tetapi Tokyo mampu menata sistem transportasi ini dengan baik, hingga efisiensinya terus terjaga.

London, Inggris

Kereta bawah tanah adalah sistem transportasi yang efisien, karena sarana transportasi ini bisa terus beroperasi lancar tanpa harus mengganggu transportasi atau jalan raya yang ada di permukaan tanah. Kenyataan itu sangat dipahami oleh Inggris, khususnya London. Di sana ada sarana transportasi kereta bawah tanah yang disebut London Underground.

London Underground adalan kereta bawah tanah kebanggaan Inggris, karena menjadi kereta bawah tanah tertua di dunia. Selain menata sistem transportasi bawah tanah dengan baik, London juga memiliki sarana transportasi lain yang sama tertata baik, meliputi bus, trem, kereta, dan feri, yang menghubungkan seluruh kota yang ada di Inggris.

Singapura

Singapura memiliki kemajuan teknologi yang mereka terapkan pada sistem transportasi. Di sana terdapat 4 MRT dan 1 LRT yang menghubungkan semua kota, sehingga menjadi sarana transportasi favorit warga Singapura.

Serupa dengan Tokyo, Singapura sangat memperhatikan kebersihan dan efisiensi sarana transportasi mereka. Tidak hanya pada kereta api, jenis transportasi lain semisal bus dan taksi di sana juga benar-benar diperhatikan, sehingga warga maupun wisatawan bisa menikmati transportasi di Singapura dengan aman dan nyaman.

Bahkan telah berhasil seperti itu pun, Singapura masih berusaha menambah sarana transportasinya, agar lebih memudahkan warga.

Seoul, Korea Selatan

Seoul memiliki jalur transportasi yang rumit, tak jauh beda dengan kereta bawah tanah di Tokyo. Meski begitu, pemerintah Seoul dapat menata sistem transportasi di sana dengan rapi dan efisien, dengan sistem teknologi yang terus diperbarui.

Seoul memiliki 14 jalur bus di setiap daerah dalam kota, yang memungkinkan warga pergi ke mana pun dengan mudah. Di atas semua itu, tarif menggunakan transportasi umum di sana relatif murah, sehingga warga Seoul pun senang menjadikan transportasi umum untuk bepergian kemana pun.

New York, Amerika Serikat

New York telah memiliki sistem transportasi kereta bawah tanah selama lebih dari seratus tahun. Selama satu abad itu, mereka pun telah belajar bagaimana menata sistem yang ada dengan baik dan efisien.

Sarana transportasi di New York, khususnya kereta bawah tanah, memang sempat mengalami beberapa masalah, dari soal kebersihan sampai kejahatan.

Tapi pemerintah New York mampu menangani hal itu dengan baik, hingga sekarang sistem transportasi mereka telah benar-benar terjaga dan mampu memberi keamanan serta kenyamanan bagi penumpang. Mereka juga menjaga jadwal dengan sangat ketat, hingga nyaris tak pernah terlambat.

Berlin, Jerman

Berlin memiliki sistem transportasi yang hebat dan efisien. Jalur kereta bawah tanah di sana, yang disebut U-Bahn, memiliki jarak tempuh sejauh 132 kilometer di wilayah Berlin. Jauhnya jarak tempuh itu memungkinkan warga untuk pergi ke mana pun dengan mudah.

Sistem keamanan transportasi ini pun benar-benar terjaga dengan baik, sehingga penumpang merasa aman.

Selain itu, kereta api dalam kota Berlin datang silih berganti dalam rentang 2-5 menit sekali, khususnya pada waktu sibuk. Karenanya, warga Berlin bisa pergi ke mana pun tanpa harus terburu-buru, dan dapat selalu tiba tepat waktu.

Denver, Amerika Serikat

Denver adalah ibu kota negara bagian Colorado, Amerika Serikat. Sistem transportasi di sana meliputi bus, kereta api, hingga pesawat terbang, yang semuanya ditata serta dikelola dengan sangat baik.

Yang hebat, Denver memiliki angkutan umum dalam bentuk bus, yang disebut Mall Ride. Bus ini mengangkut penumpang secara gratis, menuju Street Mall. Setiap hari, bus ini melayani penumpang yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari, tanpa dipungut biaya.

New Jersey, Amerika Serikat

Ada 41 persen warga New Jersey yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Bukan karena tidak mampu membeli, tapi karena mereka lebih suka menggunakan angkutan umum yang disediakan pemerintah. Dalam hal transportasi umum, sebanyak 46,62 persen warga New Jersey rutin menggunakan transportasi umum untuk kerperluan sehari-hari.

New Jersey memiliki sistem transportasi umum meliputi bus, feri, hingga kereta api, yang semuanya dibangun dengan penataan yang baik dan efisien. Sebegitu baik dan efisien, hingga warga di sana lebih suka menggunakan transportasi umum daripada membuang duit untuk membeli kendaraan pribadi.

Copenhagen, Denmark

Denmark adalah contoh negara yang memiliki pengaturan sangat baik dan teratur, termasuk dalam urusan transportasi umum. Hal itu sangat tampak di Copenhagen. Di sana, warga atau wisatawan bisa berkeliling kota hanya dengan mengandalkan transportasi umum yang telah disediakan.

Copenhagen memiliki jalur kereta api yang disebut S-Trains. Jalur kereta ini menghubungkan pusat kota dengan daerah pinggiran, juga dengan beberapa daerah di luar Denmark.

Selain itu, Copenhagen juga memiliki program bernama Urban Bike, yang memungkinkan siapa pun dapat menikmati keindahan kota dengan bersepeda. Kalau tidak punya sepeda sendiri, ada tempat-tempat untuk menyewa sepeda di sana.

Tidak hanya menyediakan tempat untuk menyewa sepeda, mereka bahkan menyiapkan tempat-tempat parkir khusus untuk sepeda.

Madrid, Spanyol

Madrid adalah salah satu kota terbesar di Eropa, dengan penduduk yang padat. Meski begitu, pemerintah di sana bisa mengatur dan menata sistem transportasi dengan baik, hingga dapat melayani kebutuhan warganya dengan sama baik.

Ada kereta metro, komuter, juga bus, di Madrid, yang semuanya ditata dengan efisien, juga memberi keamanan serta kenyamanan. Sistem transportasi umum itu bisa digunakan untuk menuju tempat mana pun di Madrid.

Ditambah dengan biaya transportasi umum yang relatif murah, bisa dibilang kendaraan pribadi tidak terlalu berguna di sini, karena warga lebih suka naik transportasi umum.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1601064011283681092

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item