Benarkah Roti Gandum Lebih Sehat dari Roti Putih Biasa?

Benarkah Roti Gandum Lebih Sehat dari Roti Putih Biasa?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pixabay.com
Banyak orang percaya bahwa roti gandum lebih sehat dibanding roti biasa (non-gandum). Roti gandum disebut lebih kaya serat, tidak menyebabkan gemuk pada orang yang mengonsumsinya, juga baik untuk pencernaan. Karena hal itu, banyak orang mulai meninggalkan roti putih dan beralih ke roti gandum.

Tapi apakah benar kalau roti gandum memang lebih sehat dibanding roti putih biasa?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Cell Metabolism, tidak ada bukti yang mendukung kepercayaan tersebut. Studi membuktikan bahwa konsumen roti gandum maupun roti putih tidak memperlihatkan perbedaan berat badan dan tekanan darah, selama masa penelitian.

Penelitian itu melibatkan 20 orang, yang diminta untuk mengonsumsi roti gandum selama seminggu. Pada waktu memasuki minggu kedua, mereka diminta mengonsumsi roti putih. Kedua jenis roti tersebut memiliki jumlah karbohidrat yang sama. Hasilnya, tidak ada jenis roti—sekalipun dengan gandum utuh—yang dinyatakan lebih sehat.

Penelitian tersebut juga menemukan roti gandum dan roti putih pada dasarnya memiliki efek yang sama pada tubuh seseorang. Hanya saja, serat pada roti gandum utuh lebih banyak, sehingga membantu memecah pati lebih lambat dan mencegah lonjakan gula darah.

Lebih lanjut, tim peneliti Modernist Bread juga melakukan studi terkait manfaat kesehatan dan nutrisi roti gandum. Hasilnya, tubuh kita ternyata tidak bisa sepenuhnya mencerna gandum utuh, termasuk menyerap vitamin dan mineral dari sepotong roti gandum.

Meski penelitian tidak menyatakan bahwa roti gandum lebih sehat dari roti putih, tentu tidak masalah kalau kita tetap mengonsumsinya. Bagaimana pun, roti gandum juga memiliki kelebihan yang baik untuk menunjang kesehatan.

Pada 2016, misalnya, Journal of Nutritional & Food Science mempublikasikan penelitian yang menyebut bahwa diet sehat dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan biji-bijian bisa mengurangi risiko diabetes serta penyakit jantung.

Sementara penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrients menyebut bahwa beralih dari roti putih ke roti gandum bisa memperbaiki mood. Penelitian ini mengamati 3.349 peserta berusia 50 tahun. Para peneliti menemukan, mereka yang lebih banyak mengonsumsi biji-bijian—dan roti gandum termasuk di dalamnya—memiliki lebih sedikit risiko penyakit kronis, depresi, hingga merasa lebih bahagia.

Jadi, memilih roti gandum atau roti putih tak ada salahnya. Selama kita suka, dan mengonsumsinya secara wajar.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Studi 6867015864166452644

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item