Apa itu Hazmat Suit yang Banyak Dipakai Saat Pandemi Corona?

Apa itu Hazmat Suit yang Banyak Dipakai Saat Pandemi Corona?
Ilustrasi/istimewa
Hazmat suit adalah singkatan “hazardous material suit”. Sebagaimana namanya, hazmat suit dirancang sebagai sarana untuk melindungi tenaga medis dari kemungkinan paparan bahan atau zat berbahaya, seperti bahan kimia atau biological agents.

Hazmat suit sering dipakai saat terjadi wabah semisal penyakit menular, seperti saat pandemi corona saat ini, karena memungkinkan tenaga medis untuk lebih terlindungi. Karenanya, hazmat suit termasuk salah satu alat kelengkapan diri (APD), untuk mencegah penularan virus corona, khususnya dari pasien ke tenaga medis.

Virus yang menyebabkan penyakit corona dapat menular melalui droplet atau cairan liur dari pasien yang terinfeksi. Karenanya, para tenaga medis menggunakan hazmat suit sebagai upaya melindungi diri selama merawat pasien. Hazmat suit mudah dikenali, karena bentuknya yang mungkin terlihat aneh, dan sekilas mirip pakaian astronot.

Biasanya, hazmat suit dilengkapi kacamata dan sarung tangan berbahan khusus. Lagi-lagi tujuannya untuk melindungi tenaga medis dari kemungkinan paparan penyakit menular.

Penggunaan APD, termasuk hazmat suit, biasanya diatur oleh rumah sakit, yang memiliki prosedur berbeda-beda, dan biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien, rumah sakit, serta lokasi yang terjangkit wabah virus atau penyakit berbahaya lainnya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 128770743575370854

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item