Mengapa Rata-Rata Mobil Punya Empat Roda?

Mengapa Rata-Rata Mobil Punya Empat Roda? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/caranddriver.com
Rata-rata mobil di dunia memiliki empat roda atau empat ban; dua di depan dan dua di belakang. Sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah kita melihat mobil yang punya dua roda. Atau sebaliknya, kita juga jarang menemukan mobil yang punya enam atau delapan roda.

Kenapa rata-rata mobil punya empat roda?

Alasan utama mobil memiliki empat roda adalah untuk mendistribusikan berat. Secara umum, bentuk mobil adalah kotak persegi panjang, yang memiliki empat sudut. Dengan adanya empat roda di masing-masing sudut, beban mobil akan bisa ditopang bersamaan secara seimbang di empat titik.

Keberadaan empat roda pada mobil akan semakin penting, ketika mobil dijalankan. Dengan adanya empat roda, mobil tidak hanya mampu mendistribusikan bobotnya secara seimbang, tapi juga membantu traksi, dan membantu mobil memiliki cengkeraman yang lebih baik, sekaligus keseimbangan yang tepat. Hasilnya, respons dari laju mobil akan lebih mudah ditangani.

Sebenarnya, jika mobil selalu dalam kondisi diam, mungkin tiga roda akan jadi pilihan yang lebih tepat. Itu pula alasan kenapa barang-barang seperti tripod sering kali memiliki tiga kaki.

Namun, karena mobil difungsikan sebagai benda yang bergerak, keberadaan empat roda jadi penting, karena membantu keseimbangan yang jauh lebih baik ketika berbelok, jika dibandingkan kalau mobil hanya memiliki tiga roda. Karena mobil umumnya berbentuk persegi panjang, sangat penting bobotnya didistribusikan secara merata di keempat simpul atau sudutnya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5360118961475719355

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item