Seberapa Efektif Masker Kain Mencegah Penularan Corona?

Seberapa Efektif Masker Kain Mencegah Penularan Corona? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/orami.co.id
Barang yang seketika langka ketika pandemi corona masuk Indonesia adalah masker. Karena semua orang membutuhkannya, untuk melindungi diri dari kemungkinan penularan virus corona. Stok masker yang tersedia di pasaran seketika menjadi barang mewah, dan harganya naik berkali-kali lipat.

Kondisi semacam itu kemudian membuat sebagian orang menyiasatinya, dengan membuat masker sendiri menggunakan kain. Ada yang membuat masker kain dengan dilapisi tisu atau spons, dengan harapan dapat membantu menyaring virus yang beterbangan di udara.

Pertanyaannya, terkait kondisi pandemi saat ini, seberapa efektif masker kain mencengah kemungkinan penularan virus corona?

Sebenarnya, masker kain tidak terlalu efektif menyaring kuman. Meski begitu, memakai masker kain dinilai lebih baik daripada tidak menggunakan apa pun untuk mencegah penyebaran kuman, terutama selama situasi pandemi seperti sekarang.

Sederhananya, masker kain kurang melindungi pemakainya, dibandingkan masker bedah atau respirator N95. Namun, masker kain dapat membantu pemakainya menjaga area wajah tetap bersih, dan mencegah penyebaran kuman jahat serta penyakit lainnya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6240020035668970163

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item