Apa Tujuan Orang-Orang Mengenakan Masker?

Apa Tujuan Orang-Orang Mengenakan Masker? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/time.com
Ada beberapa tujuan penting orang mengenakan masker. Pertama, dalam kondisi biasa, orang memakai masker dengan tujuan menyaring debu agar tidak masuk ke hidung dan pernapasannya. Biasanya, mereka yang mengenakan masker untuk tujuan ini karena berada di wilayah berpolusi, penuh debu kotor beterbangan. Karena tujuannya untuk menyaring polusi, orang sehat maupun orang sakit mengenakannnya.

Kedua, dalam kondisi wabah—lebih khusus wabah penyakit menular yang disebabkan virus—orang memakai masker dengan tujuan mencegah percikan air liurnya terbang ke udara bebas.

Ketika batuk atau bersin, mulut dan atau hidung akan mengeluarkan cairan (droplet) yang terbang ke udara, kemudian menempel pada orang lain atau permukaan benda-benda. Karena tujuannya untuk mencegah terjadinya penularan suatu penyakit, penggunaan masker semacam ini umumnya hanya dilakukan orang yang sakit (mengidap virus menular).

Saat ini, misalnya, ketika corona Covid-19 mewabah di mana-mana, banyak orang mengenakan masker, khususnya orang yang sakit dan mengidap virus corona. Tujuan pemakaian masker itu bukan untuk menghalau sesuatu dari luar, tapi justru sebaliknya; menghalau sesuatu dari dalam.

Karenanya, orang yang sakit atau mengidap virus corona diwajibkan memakai masker, agar tidak menulari orang lain yang sehat. Belakangan, orang-orang yang sehat juga ikut memakai masker, sebagai antisipasi.

Selain dua tujuan tersebut, ada pula orang-orang yang mengenakan masker dengan tujuan agar tidak mudah terpapar virus atau mikroorganisme lain dari luar, meski di ruangan yang steril. Misalnya para dokter, perawat, dan tenaga medis.

Serupa dengan mereka adalah para pekerja di tempat yang bersentuhan dengan bahan-bahan berbahaya, misal pabrik yang memproduksi zat pewarna pakaian atau batik. Bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi zat-zat tersebut bisa berisiko bagi kesehatan, sehingga mereka mengenakan masker untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya zat-zat tersebut ke saluran napas.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3132682462242951182

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item