Mengapa Bos Xiaomi Memakai Ponsel iPhone?

Mengapa Bos Xiaomi Memakai Ponsel iPhone? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/republika.co.id
Lei Jun adalah pendiri sekaligus CEO perusahaan ponsel China, Xiaomi. Namun, tempo hari, tepatnya pada Senin (11/5/2020), dia ketahuan menggunakan ponsel iPhone produk Apple. Kenyataan itu terungkap ketika Lei Jun memposting foto di akun Weibo, yang dilengkapi ajakan kepada pengikutnya untuk membeli buku dan belajar di rumah.

Ajakan itu positif, tentu saja. Namun, yang membuat geger, lewat posting itulah Lei Jun ketahuan menggunakan iPhone. Karena posting tersebut menyertakan keterangan otomatis mengenai perangkat yang digunakan untuk membuat posting. Hasilnya, netizen pengguna Weibo geger bahkan sempat menghujat Lei Jun.

Pasalnya, menurut netizen, Lei Jun mengajak pengguna smartphone untuk beralih ke Xiaomi. Namun dia sendiri malah menggunakan smartphone milik kompetitor (iPhone).

Belakangan, Lei Jun menghapus posting bermasalah tadi—yang menggunakan iPhone—dan mengulang posting dengan menggunakan Xiaomi 10 Pro. Isinya sama dengan posting sebelumnya; mengajak para pengikutnya untuk membeli buku dan belajar dari rumah.

Pertanyaannya, kenapa bos Xiaomi justru memakai iPhone?

Sebenarnya, bukan hanya Lei Jun yang melakukan hal semacam itu. Ren Zhengfei, bos Huawei, juga menggunakan iPhone. Li Nan, mantan petinggi Meizu—yang juga menghasilkan aneka produk ponsel—diketahui langsung beralih menggunakan iPhone begitu meninggalkan perusahaan. Shen Yiren, petinggi perusahaan Oppo, juga memakai iPhone. Daftarnya bisa jadi masih panjang.

Kenapa mereka, yang memimpin perusahaan penghasil ponsel, justru menggunakan ponsel dari perusahaan lain yang menjadi kompetitor?

Pan Jiutang, yang menjadi salah satu petinggi Xiaomi—dan tentu dekat dengan Lei Jun—punya jawaban yang ia katakan secara frontal. Menurutnya, “petinggi produsen ponsel yang mengklaim tidak menggunakan produk Apple, Samsung, dan kompetitor lainnya, adalah orang hipokrit, tidak kompeten, tidak peduli dengan produk terkini dan inovasi teknologi, dan tidak peduli dengan perkembangan yang tidak dimiliki semua orang di kuil.”

Jadi, menurut Pan Jiutang, para petinggi perusahaan ponsel itu menggunakan iPhone atau ponsel lain dari kompetitornya, sebagai cara untuk mempelajari inovasi kompetitor. Karena kenyataannya inovasi memang sering berasal dari meniru dan mengembangkan lebih lanjut.

Terkait Lei Jun, dia juga tidak pernah melarang karyawan Xiaomi untuk menggunakan ponsel apa pun milik kompetitor.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6627716446594914568

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item