Mengapa Kita Dianjurkan Tidak Begadang?

Mengapa Kita Dianjurkan Tidak Begadang? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/popbela.com
Pada waktu malam hari, khususnya ketika kita tidur, tubuh bekerja membuang racun-racun yang mungkin telah masuk setelah seharian kita beraktivitas. Di malam hari, tubuh berupaya keras menetralisir zat-zat adiktif untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Karena itu, ketika kita begadang, proses kerja tubuh dalam membersihkan diri pun tidak optimal atau kurang sempurna.

Berikut ini jadwal tubuh dalam pekerjaan penting tersebut.

Pukul 21.00-23.00: Tubuh kita melakukan pembuangan zat-zat tidak berguna di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu itu, idealnya, kita telah membaringkan diri di tempat tidur dengan tenang dan rileks.

Pukul 23.00-01.00: Tubuh kita melakukan pembersihan racun pada bagian hati. Agar proses pekerjaan penting itu dapat dilakukan optimal, kita harus dalam keadaan tidur pulas.

Pukul 01.00-03.00: Tubuh kita melakukan pembersihan pada bagian empedu. Sama seperti di atas, pekerjaan itu pun akan lebih sempurna jika berlangsung ketika kita dalam kondisi tidur.

Pukul 03.00-05.00: Giliran paru-paru yang dibersihkan. Karena pembersihan pada paru-paru itulah yang menjadikan penderita batuk akan mengalami batuk-batuk hebat pada waktu dini hari. Pada waktu pagi, proses pembersihan kotoran pada paru-paru telah mencapai saluran pernapasan, sehingga penderita batuk tidak perlu minum obat di waktu pagi, agar tidak merintangi proses pembuangan racun yang secara alami dilakukan oleh tubuh.

Pukul 24.00-04.00: Sumsum tulang belakang memproduksi darah.

Pukul 05.00-07.00: Tubuh melakukan pembersihan di bagian usus besar. Karena proses itulah, kita sering kali ingin buang air besar pada waktu pagi.

Pukul 07.00-09.00: Tubuh melakukan penyerapan gizi makanan bagi usus kecil. Karena itu, kita sangat dianjurkan untuk sarapan atau makan pagi, agar tubuh mendapatkan hal penting yang dibutuhkan.

Berdasarkan jadwal penting di atas, kita pun melihat alasan mengapa sebaiknya tidak begadang, karena tidur larut malam atau bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna dari tubuh kita. Seperti nasihat orang tua, kurangi begadang, tidurlah yang nyenyak, bangunlah pagi-pagi, dan jangan lupa sarapan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 7095592363041133000

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item