Mengapa Karbohidrat Dianggap Buruk untuk Kesehatan Gigi?

Mengapa Karbohidrat Dianggap Buruk untuk Kesehatan Gigi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/sehatq.com
Kita sering diingatkan agar mengurangi makanan atau minuman manis, untuk tujuan menjaga kesehatan gigi. Tetapi, karbohidrat juga disebut tidak baik untuk kesehatan gigi. Kenapa?

Karbohidrat memang tidak memiliki rasa manis seperti permen. Tetapi, makanan dengan kandungan karbohidrat berpotensi merusak gigi dan gusi. Pasalnya, ketika dikonsumsi, tubuh kita akan menguraikan karbohidrat yang masuk menjadi gula.

Yang jadi masalah, makanan berkarbohidrat semisal roti atau kraker (crackers) umumnya memiliki tekstur yang lengket pada gigi, serta kenyal saat dikunyah, hingga membuatnya mudah terjebak di antara sela-sela gigi atau di bawah gusi.

Kalau kita makan roti sejenis itu, hampir bisa dipastikan kita akan mendapati sisa-sisa kunyahan roti di bagian gigi kita. Sebagian orang bahkan sampai menggunakan jari tangan untuk menyingkirkan gumpalan lengket sisa kunyahan roti tersebut.

Sisa-sisa kunyahan roti yang ada di mulut kita menjadi tempat yang kondusif bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak.

Jika tubuh kita mengurai karbohidrat menjadi gula, berbeda dengan bakteri yang ada di mulut dan gigi kita; mereka mengubah karbohidrat menjadi plak; residu yang akan menempel pada gusi dan gigi, serta menjadi penyebab penyakit gusi serta gigi berlubang. Itulah kenapa karbohidrat dianggap buruk untuk kesehatan gigi kita.

Bagaimana mengatasinya? Kita bisa mengatasi masalah ini dengan cara meminimalisir konsumsi karbohidrat. Caranya, konsumsilah karbohidrat saat makan berat. Karena ketika kita makan dalam porsi besar, mulut akan menghasilkan lebih banyak ludah, yang akan membantu membersihkan partikel makanan dari rongga mulut.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 900782082358859671

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item