Mengapa Kita Sebaiknya Tidak Tidur Menghadap Utara?

Mengapa Kita Sebaiknya Tidak Tidur Menghadap Utara? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/halodoc.com
Tidur adalah istirahat terbaik sekaligus kebutuhan tubuh untuk memperbarui diri. Kita butuh tidur, agar bisa terbangun dengan tubuh segar keesokan hari. Karena tidur yang baik akan mengembalikan energi, setelah energi kita terkuras di siang hari untuk bekerja dan beraktivitas. Karena itu, kita butuh tidur yang cukup, nyenyak, sekaligus nyaman.

Setiap orang pasti tidur secara rutin, karena memang kebutuhan yang tak bisa dihindari. Yang masih jadi persoalan, apakah kita tidur dengan baik, hingga energi tubuh pulih dan kita bangun dengan kesegaran baru?

Mungkin kita pernah mendengar saran yang terdengar seperti mitos, yaitu, “Hindari tidur menghadap utara.”

Maksud saran itu adalah meminta kita agar tidak tidur dengan wajah menghadap utara. Meski mungkin terdengar seperti mitos, saran itu ternyata punya latar belakang ilmiah.

Bumi dan tubuh manusia sama-sama memiliki medan magnet. Medan magnet di Bumi terkonsentrasi di Kutub Utara dan Selatan. Ketika kita tidur dengan kepala mengarah ke utara, medan magnet tubuh akan mengganggu bumi; atau sebaliknya, medan magnet bumi akan mengganggu tubuh. Hal ini bisa menyebabkan tekanan darah berfluktuasi, bahkan dapat mengakibatkan masalah jantung.

Selain itu, tidur dengan posisi wajah menghadap ke utara juga menyebabkan organ hati bekerja lebih keras, akibat adanya “benturan” antara magnet bumi dengan magnet di tubuh kita. Bagi lansia atau orang yang memiliki masalah jantung, hal ini bisa berisiko lebih tinggi. Kita bisa memeriksa kenyataan ini dengan mudah; saat kita berbaring secara horizontal, denyut nadi akan turun.

Kemudian, darah di dalam tubuh kita mengandung banyak zat besi. Ketika kita tidur menghadap ke utara, tarikan magnet dari arah itu menarik besi, yang terakumulasi di otak. Ini salah satu alasan banyak orang mengeluh sakit kepala saat bangun tidur.

Tidur dengan kepala mengarah ke utara juga dapat mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan gangguan tidur. Untuk mencegahnya, lebih baik hindari tidur dengan kepala menghadap ke utara.

Lalu arah mana yang dianggap baik untuk tidur?

Arah timur dan selatan dianggap paling ideal untuk tidur. Tidur dengan kepala menghadap ke selatan akan membalikkan efek negatif dari arah utara, sehingga melindungi tubuh kita dari beberapa masalah kesehatan. Selain itu, tidur menghadap ke selatan juga dapat menjaga tekanan dan sirkulasi darah tetap stabil.

Terakhir, saat tidur, kita disarankan untuk berbaring ke sisi kiri. Karena tidur di sisi kiri tubuh dapat membantu mengurangi rasa mulas, sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2607203374966283574

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item