Sejak Kapan Dunia Mengenal Penyakit Cacar?

Sejak Kapan Dunia Mengenal Penyakit Cacar? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Salah satu penyakit kuno yang dikenal manusia adalah cacar, karena diperkirakan telah ada sejak tiga ribu tahun lalu. Bukti fisik paling awal terkait penyakit cacar ditemukan pada mumi Raja Mesir yang meninggal dunia pada 1157 Sebelum Masehi.

Dari Mesir, penyakit cacar kemudian dibawa para pedagang yang masuk ke India pada milenium pertama Sebelum Masehi. Dari India, cacar lalu masuk ke China pada abad pertama Setelah Masehi, dan mencapai Jepang pada abad keenam Masehi. Dari situ, cacar lalu masuk ke Eropa melalui para tentara Perang Salib pada abad ke-11 dan 12.

Selain berusia sangat tua, cacar juga termasuk penyakit yang sangat ditakuti di dunia. Pada abad ke-20 saja, cacar membunuh setidaknya 300 juta orang.

Seperti penyakit modern yang berasal dari virus, cacar sangat menular dan menyebar melalui percikan mulut atau hidung seseorang yang terinfeksi. Saat cairan atau percikan yang mengandung virus variola itu tersentuh orang lain, penularan pun terjadi. Gejala yang ditimbulkan mencakup letih dan demam, lalu muncul bintik kecil berisi nanah pada kulit penderita. Sekitar tiga dari sepuluh penderita cacar meninggal dunia.

Meski memiliki dampak kematian besar hingga ditakuti dunia, ahli kesehatan akhirnya berhasil menundukkan penyakit ini. Setelah sekitar tiga ribu tahun berada di muka bumi, cacar resmi dinyatakan hilang pada 1980 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sejak itu, cacar menjadi satu-satunya penyakit dalam sejarah manusia yang bisa diberantas sampai tuntas.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 7451430155186295274

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item