Mengapa Penyakit Menular Dianggap Berbahaya?

Mengapa Penyakit Menular Dianggap Berbahaya? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/huffpost.com
Penyakit yang berbahaya sering kali penyakit yang berasal dari virus, karena ia mudah menular, bahkan mematikan. Seperti Covid-19 atau Corona yang sedang kita hadapi saat ini. Penyakit ini berbahaya bukan karena ia menyebabkan penderitanya mengalami patah tulang, misalnya, tapi karena ia sangat menular, dan pada sebagian kasus bisa berujung kematian.

Karenanya, kita tidak bisa membandingkan penyakit menular yang berasal dari virus dengan, misalnya, kanker, diabetes, atau bahkan sakit parah akibat kecelakaan lalu lintas—semua perbandingan itu sama sekali tidak sebanding. Karena yang satu menular, sementara yang lain tidak.

Kanker memang penyakit berat, tapi ia tidak menular. Begitu pula diabetes, hipertensi, atau anemia. Masalah yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas juga sering kali berat—semisal patah tulang, cacat, sampai kematian—tapi ia tidak menular.

Yang menjadikan penyakit menular ditakuti, dan dianggap berbahaya, sering kali bahkan bukan karena penyakitnya, melainkan penularannya. Manusia dan penyakit menular bisa diumpamakan bensin dan api. Jika ketemu, kebakaran terjadi.

Karena itu pula, penyakit menular perlu diwaspadai, hingga para ilmuwan di seluruh dunia bahu membahu mencari cara mengendalikannya, sementara masyarakat di seluruh dunia diminta hati-hati dan waspada.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3908987429183727282

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item