Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata Sampai Usia Senja?

Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata Sampai Usia Senja? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Mata yang sehat adalah berkat bagi setiap pemiliknya, sekaligus aset berharga bagi negara. Jika masyarakat memiliki mata yang sehat, penglihatan yang baik, mereka dapat diharapkan bekerja dengan baik, jika dibandingkan kondisi sebaliknya. Kenyataan itu terungkap di Amerika Serikat.

Sebuah studi, berjudul The Economic Burden of Vision Loss and Eye Disorders in the United States, melaporkan bahwa masalah penglihatan di kalangan masyarakat AS membuat pemerintah Amerika Serikat menghabiskan biaya hingga 139 miliar dolar setiap tahun.

Umumnya, kesehatan mata mulai mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Di AS, satu dari enam orang dewasa berusia 45 tahun ke atas mengalami masalah terkait mata, dari minus sampai katarak dan kehilangan penglihatan.

Bagaimana menjaga kesehatan mata?

Arun Sethi, seorang dokter spesialis mata di AS, memberi nasihat, “Saat sedang bekerja, latih leher Anda dengan menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah ke leher dan mata Anda. Selain itu, jangan menatap matahari karena dapat merusak penglihatan Anda.”

Kenapa? “Terlalu banyak paparan sinar UV membuat Anda lebih rentan terhadap katarak dan degenerasi makula. Anda juga harus memilih kacamata hitam yang menghalangi 99-100 persen sinar UVA dan UVB.”

Selain itu, untuk meningkatkan penglihatan, kita juga bisa mengusahakan untuk selalu istirahat dan tidur secara teratur, tetap terhidrasi, dan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan C, lutein, serta betakaroten.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2777831856217426168

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item