Mengapa Virus Corona Covid-19 Bisa Terbunuh oleh Sabun?

Mengapa Virus Corona Covid-19 Bisa Terbunuh oleh Sabun? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/okezone.com
Sejak virus Corona Covid-19 mewabah, kita terus diingatkan untuk selalu menjaga diri dan kesehatan. Di antaranya memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir.

Pemakaian masker untuk menghindarkan kita dari kemungkinan tertular atau menularkan virus, sementara cuci tangan dengan sabun untuk membunuh virus Corona yang bisa jadi ada di tangan kita setelah menyentuh aneka barang. Tapi mengapa virus Corona bisa terbunuh oleh sabun?

Sekuat apa pun, virus Corona juga punya kelemahan, dan kelemahannya ada pada susunan virus tersebut. Pada intinya, virus Corona tersusun oleh tiga bagian, yaitu DNA atau RNA yang menjadi inti dari virus, protein yang merupakan bahan baku virus untuk memperbanyak diri, dan lapisan lemak sebagai pelindung luarnya.

Tiga bagian itu menyusun virus Corona, tapi sebenarnya tidak terikat kuat satu sama lain. Akibatnya, saat lapisan lemak—yang menjadi pelindung terluar—hancur karena sabun, maka virus itu pun akan hancur dan mati. Ingat, sabun adalah peluruh lemak, dan itu menjadi kelemahan virus Corona yang dilindungi oleh lemak.

Karenanya, imbauan untuk rajin mencuci tangan bukan sekadar imbauan, ia adalah langkah yang sangat efektif untuk membunuh virus Corona yang mungkin ada di tangan kita, sekaligus untuk menurunkan kemungkinan terjadinya penularan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 7280018979542611736

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item