Kota-Kota Paling Ruwet dan Membingungkan di Dunia

Kota-Kota Paling Membingungkan di Dunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Marrakesh, Maroko/tfamansek.com
Saat mengunjungi suatu tempat, ada kalanya kita kebingungan menentukan arah, atau bahkan sampai tersesat. Ketika mencari alamat seseorang, misalnya, kadang kita terjebak di jalanan yang saling menyilang, hingga tanpa sadar kita hanya berputar-putar tidak jelas. Hal-hal semacam itu lazim terjadi di mana-mana, khususnya jika penataan suatu kota atau wilayah tidak rapi.

Hal serupa juga bisa terjadi saat kita bepergian ke luar negeri. Ada kota-kota yang sistem penataannya agak ruwet dan membingungkan, sehingga para pendatang atau wisatawan sering mengalami kebingungan, atau bahkan sampai tersesat. Tetapi, saat tersesat di kota-kota yang indah, sepertinya tidak terlalu mengkhawatirkan. Karena tersesat di tempat semacam itu kadang justru membawa kita pada keindahan yang sebelumnya tidak kita tahu.

Berikut ini kota-kota yang populer sebagai kota wisata, tapi juga terkenal sebagai kota-kota paling ruwet atau membingungkan di dunia.

Boston, Amerika Serikat

Tidak sebagaimana umumnya kota-kota lain di Amerika yang telah mengalami modernisasi besar-besaran, sehingga lebih mudah dipahami, Boston masih menyerupai sistem tata kota di masa-masa awal Amerika.

Akibatnya, banyak jalan di Boston yang membingungkan, khususnya bagi wisatawan. Tidak jarang, wisatawan hanya berputar-putar di satu tempat, karena terjebak pada jalan yang saling menyilang tapi sebenarnya masih ada di tempat yang sama. Hal semacam itu kerap dialami para pejalan kaki dan pengendara motor.

Venesia, Italia

Venesia adalah kota kanal yang populer sebagai kota romantis, tetapi kota ini merupakan tempat yang sangat membingungkan, khususnya karena ada di permukaan air. Jika jalan darat saja kadang membingungkan,kita bisa membayangkan bagaimana membingungkan jalan-jalan air di Venesia.

Di sana banyak kanal, jembatan, jalan-jalan sempit yang berbelok-belok, hingga jalan buntu. Meski begitu, kita tidak perlu khawatir. Karena tersesat di Venesia sama artinya tersesat di tempat yang indah. Nikmati saja.

Washington, D.C, Amerika Serikat

Sebenarnya, tata kota Washington sudah cukup teratur, meski masih membingungkan bagi para wisatawan. Di sana, jalan-jalan dinomori atau dinamai berdasarkan negara-negara bagian, tetapi saling terpotong dengan cara yang aneh—khususnya bagi wisatawan atau bukan penduduk Washington.

Jalan “I” di Washington, misalnya, sama dengan Jalan “Eye”. Selain itu, beberapa jalur di sana juga tampaknya sangat rumit, hingga pejalan kaki atau pengendara sepeda sering tersesat dan kebingungan.

Tokyo, Jepang

Tokyo adalah kota besar, dan besarnya kota itu sering kali membingungkan. Pertama, di sana, di mana-mana yang tampak adalah orang-orang yang sibuk, lalu lintas yang ramai, dan gerak kehidupan yang tampaknya berjalan dengan cepat.

Semua itu, berpadu dengan pemandangan kota yang indah, kerap membuat wisatawan kebingungan. Kemudian, karena banyaknya lorong serta jalan yang saling menyilang, banyak wisatawan yang mudah tersesat di Tokyo.

Marrakesh, Maroko

Marrakesh adalah kota yang sangat padat, yang memiliki jalan-jalan paling tua di dunia, dengan pasar-pasar yang menyediakan aneka barang—dari yang biasa sampai yang unik. Di sana juga terdapat arsitektur-arsitektur yang menawan. Karenanya, berjalan-jalan di sana sungguh menyenangkan.

Yang menjadi masalah, kota ini tak jauh beda dengan sebuah labirin raksasa, penuh jalan dan lorong, dan kerap kali membuat wisatawan berputar-putar tak tentu arah.

Amsterdam, Belanda

Amsterdam adalah kota yang menawan, bahkan kota ini dipenuhi kanal seperti Venesia. Namun, keberadaan kanal-kanal itu pula yang sering membuat para wisatawan kebingungan, karena banyak jalan atau tempat yang tampak sama, meski sebenarnya berbeda, atau memang benar-benar sama.

Karenanya, menikmati keindahan di Amsterdam sepertinya harus dengan santai, dan tanpa tujuan jelas. Dengan begitu, kita tidak akan tahu apakah tersesat atau tidak.

Ho Chi Minh, Vietnam

Ho Chi Minh, ibu kota Vietnam, adalah kota yang terkenal sebagai kota wisata. Ada banyak hal yang bisa dinikmati di Ho Chi Minh, termasuk arsitektur dan pemandangan lainnya. Namun, Ho Chi Minh juga terkenal sebagai kota yang memiliki banyak lorong.

Bagi wisatawan, cara terbaik untuk menghindari kebingungan selama di Ho Chi Minh adalah dengan menjauhi lorong-lorong yang ada di sana, dan tetap konsisten di jalan besar. Karena, begitu kita memasuki lorong di Ho Chi Minh, kemungkinan besar kita akan berputar-putar di lorong-lorong yang terus saling menyilang dan berputar.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5089078895508548013

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item