Apa Penyebab Wabah Maut Hitam yang Menyerang Eropa?

 Apa Penyebab Wabah Maut Hitam yang Menyerang Eropa? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri
Ilustrasi/history.com
Eropa pernah dilanda wabah mematikan, yang disebut Black Death (Maut Hitam). Terjadi pada abad ke-14, Black Death menewaskan sekitar 60 persen populasi Eropa, dan menjadi salah satu wabah paling mengerikan yang pernah terjadi dalam sejarah. Mayat-mayat bergelimpangan, bau busuk menguar di udara, dan Eropa nyaris tak bertuan.

Disebut Black Death atau Maut Hitam, karena orang-orang yang menjadi korban menunjukkan gejala yang sama, yaitu muncul bisul mematikan yang diikuti kulit menghitam di bagian jari tangan, jari kaki, atau ujung hidung, yang disebabkan adanya jaringan yang mati.

Penyakit yang menyebabkan wabah Black Death adalah pes. Sumbernya adalah bakteri Yersinia pestis yang ada dalam kutu tikus hitam yang tinggal di dekat manusia.

Ole Jorgen Benedictow, sejarawan Norwegia yang meneliti wabah tersebut, menyatakan, pes masuk ke Eropa lewat jalur Laut Kaspia di selatan Rusia, sekitar musim semi tahun 1346. Menurut jejak sejarah, pes terus mengganas hingga abad-abad selanjutnya, tapi penyakit ini tidak muncul saat musim dingin.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 4896172675406222685

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item