Mengapa Bisa Terjadi Kelebihan Gas di Dalam Perut?

Mengapa Bisa Terjadi Kelebihan Gas di Dalam Perut? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/klikhijau.com
Apa penyebab perut kembung? Karena banyak gas di dalam perut. Mengapa banyak gas di dalam perut? Karena kita menelan terlalu banyak udara, atau karena terjadi produksi gas berlebih di saluran pencernaan. Kondisi itulah yang menjadikan perut kembung, mirip balon yang melembung karena terisi udara.

Ketika kita makan dan minum sehari-hari, tubuh kita memprosesnya di dalam pencernaan. Perut dan usus bekerja menggerakkan makanan melalui proses gerakan peristaltik. Proses ini terjadi secara teratur atau terorganisasi, untuk menjaga agar sisa makanan dan limbah lainnya bergerak hingga menuju anus.

Udara di dalam usus akan terdorong bersama sisa makanan dan limbah di pencernaan, hingga akhirnya tubuh merasa perlu mengeluarkan. Buang gas atau buang air besar adalah hasil dari proses ini. Biasanya, perut terasa lega setelah kita melakukannya. Namun, ada kalanya, masih banyak udara yang terjebak di dalam perut, dan tidak juga keluar, dan kita merasakan perut jadi kembung.

Beberapa makanan bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih di dalam perut, seperti sayuran (kubis, brokoli, kembang kol, dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, juga makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa. Selain itu, makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan banyak gas di dalam perut, karena kita menelan terlalu banyak udara.

Jika sering mengalami perut kembung, ada baiknya untuk mencari tahu makanan apa yang sekiranya telah menyebabkan gas dalam tubuh berlebih. Artinya, kita perlu memeriksa/mengingat makanan apa saja yang telah kita konsumsi, dan memperkirakan makanan mana yang menyebabkan terjadinya perut kembung. Setelah tertemukan, kita bisa menghindarinya, agar tidak lagi mengalami kelebihan gas dalam perut.

Makan secara perlahan juga bisa membantu mengurangi kemungkinan tertimbunnya gas dalam perut.

Jika cara tersebut sudah dilakukan namun perut masih sering mengalami kembung, sebaiknya memeriksakan ke dokter, karena ada kemungkinan perut kembung yang terjadi disebabkan penyakit tertentu.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 7391211082916089322

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item