Benarkah Bersin 3 Kali Berarti Sedang ‘Diomongin’ Orang Lain?

Benarkah Bersin 3 Kali Berarti Sedang ‘Diomongin’ Orang Lain?
Ilustrasi/klikdokter.com
Sebagian orang percaya bahwa bersin tiga kali berturut-turut adalah pertanda sedang “diomongin” atau dibicarakan orang lain di suatu tempat. Mitos ini bahkan populer di sebagian kalangan. Namun, tentu saja, bersin tiga kali tidak berarti mesti mengindikasikan hal itu.

Pada dasarnya, tubuh kita menggunakan bersin untuk membersihkan iritan dari saluran pernapasan. Melalui bersin, partikel asing akan keluar dari hidung. Umumnya memang bersin terjadi satu dua kali, namun bersin yang sampai tiga kali berturut-turut juga bisa dibilang normal.

Untuk hal tersebut, Jordan S Josephson, seorang ahli sinus, menjelaskan, “Bersin pertama melonggarkan saluran. Bersin kedua, benda asing sampai ke depan hidung. Bersin ketiga, partikel asing keluar.”

Selain karena benda asing, bersin juga bisa dipicu oleh infeksi virus seperti flu, reaksi alergi terhadap udara dingin, serbuk sari bunga dan bulu hewan, iritan fisik seperti asap kendaraan, serta partikel yang ditemui di lingkungan sekitar, seperti debu, lumut, dan jamur.

Meski begitu, tidak semua bersin berhubungan dengan iritasi. Dunia medis mengenal istilah bersin fotik, yaitu seseorang yang bersin ketika terpapar sinar matahari. Dari survei informal Scientific American, sekitar 10-35 persen populasi mengalami bersin fotik. Kemudian ada pula bersin snatiation, yakni bersin akibat rasa kenyang.

Apa pun jenisnya, secara ilmiah, bersin tak ada hubungannya dengan seseorang di luar sana yang sedang membicarakan kita. 

Saat bersin, Josephson mengingatkan untuk selalu menutup hidung dan mulut demi mencegah penyebaran kuman. Dia juga merekomendaskan untuk mencuci tangan setelah bersin. Selain itu, sebagai cara terbaik, tutup mulut saat bersin dengan sapu tangan atau tisu sekali pakai.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 771240069230307164

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item