Kota-Kota Mana yang Terbesar di Indonesia?

Kota-Kota Mana yang Terbesar di Indonesia?
Ilustrasi/kayak.co.id
Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Hal itu tak bisa dilepaskan dari luasnya wilayah serta tingginya jumlah penduduk negeri ini. Kota-kota di Indonesia pun terus berkembang, seiring modernisasi dan bertambahnya penduduk. Dari waktu ke waktu, kota-kota di Indonesia terus berkembang, dan menjadi kota besar.

Seperti kota di luar negeri, istilah kota besar di Indonesia pun tidak sebatas diukur dari luasnya wilayah, namun juga dari jumlah serta kepadatan penduduk, infrastruktur kota, tingkat ekonomi, dan lain-lain. Berikut ini adalah kota-kota terbesar di Indonesia yang perlu kita tahu.

Jakarta 

Tidak hanya menjadi kota terbesar di Indonesia, Jakarta juga menjadi salah satu kota terbesar di dunia. Sebagai ibu kota, Jakarta menjadi pusat banyak hal di Indonesia, dari pusat pemerintahan sampai pusat ekonomi dan perdagangan. 

Jakarta juga menjadi tujuan urban paling populer, sehingga di kota ini terdapat berbagai ras, suku, budaya, dan aneka keragaman. Karenanya pula, Jakarta seperti miniatur Indonesia, karena nyaris semua hal di Indonesia berkumpul di Jakarta.

Seperti kota-kota besar lain di dunia, Jakarta juga memiliki ikon terkenal, yaitu Monumen Nasional, yang biasa disingkat Monas. Selain gedung-gedung tinggi pencakar langit, Jakarta juga memiliki masjid terbesar di Asia Tenggara, dan terbesar ke-4 di dunia, yaitu Masjid Istiqlal.

Surabaya

Dengan penduduk lebih dari 3 juta jiwa, Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia, juga di Asia Tenggara. Kota yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur ini dijuluki “Kota Pahlawan”, karena di sana pernah terjadi pertempuran besar yang dipimpin Bung Tomo di zaman perang kemerdekaan. 

Karenanya pula, ikon terkenal di Surabaya adalah Tugu Pahlawan, yang dibangun untuk memperingati Hari Pahlawan, yang diperingati Indonesia setiap tanggal 10 November.

Di Surabaya terdapat taman kota terkenal, bernama Taman Bungkul, yang disebut-sebut sebagai salah satu taman terindah di Indonesia. Di kota ini juga terdapat jembatan terpanjang di Indonesia, yaitu Jembatan Suramadu, yang menghubungkan Surabaya dengan Madura.

Medan

Selain menjadi kota terbesar di Sumatera, Medan juga menjadi ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Dengan jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa, Medan adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Meski dijuluki “Bandar Melayu”, namun Medan tidak hanya dihuni orang-orang Melayu. Di sana juga ada orang Batak, Tionghoa, hingga orang India, yang hidup dalam keberagaman.

Ikon terkenal Medan adalah Masjid Raya Medan yang berdiri kokoh di tengah kota, juga Istana Maimun yang menghiasi kota dengan kemegahannya. Selain itu, Medan juga terkenal sebagai pusat durian yang terkenal kelezatannya.

Bandung

Dengan populasi sekitar 9 juta penduduk, Bandung adalah salah satu kota terbesar sekaligus terkenal di Indonesia. Kota ini menjadi ibu kota Provinsi Jawa Barat, dan dijuluki Paris Van Java, karena keindahannya. Di Indonesia, Bandung dikenal sebagai kota penghasil artis. Tak terhitung banyaknya artis sinetron, penyanyi, juga band, yang lahir di Bandung.

Meski kota besar, Bandung memiliki udara yang sejuk, karena dikelilingi pegunungan. Hal itu menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata terkenal, khususnya di Indonesia. Ikon populer di Bandung adalah Jembatan Pasupati dan Gedung Sate. Sementara tempat hiburan terbesar di sana adalah Trans Studio Bandung, yang dikelola oleh salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia.

Makassar 

Sebelum di Bandung ada Trans Studio, tempat hiburan besar itu sudah ada di Makassar. Trans Studio Makassar adalah indoor theme park terbesar pertama di Indonesia (saat ini menjadi indoor theme park terbesar ke-2 setelah Trans Studio juga dibangun di Bandung).

Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, dan menjadi pintu gerbang Indonesia bagian timur. Kota ini terkenal dengan ikon Kapal Phinisi, yang menunjukkan nenek moyang orang Makassar adalah pelaut yang tangguh. Selain itu, Makassar juga terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai Losari, yang ada di sana, selalu ramai pengunjung.

Semarang 

Menjadi kota terbesar di Jawa Tengah, sekaligus menjadi ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang dihuni oleh lebih dari 1,5 juta jiwa. Kota ini terkenal memiliki banyak peninggalan zaman kolonial dulu, salah satunya adalah Lawang Sewu yang sangat populer.

Di Semarang juga ada Masjid Agung Semarang, yang memiliki arsitektur indah, bahkan memiliki teknologi payung seperti yang ada di Masjid Nabawi, untuk melindungi jamaah dari panas atau hujan. Sementara ikon utama di kota ini adalah sebuah tugu yang disebut Tugu Muda.

Balikpapan 

Dihuni oleh sekitar 700.000 penduduk, Balikpapan tidak hanya menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, tapi juga menjadi kota yang sangat penting. Kota terbesar di Kalimantan Timur ini menjadi pusat pertambangan minyak bumi dan batubara. 

Karena itu pula, Balikpapan menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki pendapatan daerah tertinggi, yang sebagian besar disumbang dari pendapatan hasil tambang batubara dan minyak bumi.

Salah satu ikon terkenal Balikpapan adalah Bandar Udara Sepinggan, yang menjadi bandar udara termegah di Pulau Kalimantan. Kini, bandara itu telah berganti nama menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Palembang 

Selain menjadi ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang juga menjadi kota terbesar ke-2 di Pulau Sumatera, dengan populasi sekitar 1,5 juta jiwa. Kota ini memiliki sebuah sport center yang sangat megah, bernama Jakabaring Sport center, yang telah sering menjadi tuan rumah untuk event internasional.

Palembang terkenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”, karena terkait dengan sejarah Kerajaan Sriwijaya di masa lalu, yang merupakan kerajaan maritim terbesar dan menjadi pusat agama Buddha di Asia. Selain Jembatan Ampera yang menjadi ikon terkenal di sana, Palembang juga identik dengan Sungai Musi.

Pekanbaru 

Disebut sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia, Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau, sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia dengan populasi sekitar 900.000 jiwa. 

Pekanbaru terkenal dengan keberadaan ikan selais, bahkan ikan tersebut menjadi salah satu ikon kota ini, yang dilambangkan dengan Tugu Ikan Selais. Pada tahun 2010, Pekanbaru menjadi tuan rumah dalam pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON).

Banjarmasin 

Sebagaimana namanya, suku asli yang mendiami Kota Banjarmasin adalah Suku Banjar. Kota yang dihuni oleh sekitar 700.000 jiwa ini menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, dan menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan. Karena memiliki banyak sungai yang melintasi kota, Banjarmasin pun terkenal sebagai “kota seribu sungai”.

Objek wisata yang paling terkenal di Banjarmasin adalah pasar terapung. Pasar terapung di Banjarmasin bahkan menjadi pasar terapung terbesar di Indonesia. Sementara kuliner khas Banjarmasin yang sangat terkenal adalah Soto Banjar, yang memiliki cita rasa khas makanan Banjar.

Batam 

Dihuni oleh hampir 1 juta jiwa, Batam tidak hanya menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, namun juga menjadi kota industri karena banyaknya pabrik yang berdiri di kota ini. 

Batam juga merupakan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, yang memiliki letak strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga, Singapura. Hanya perlu waktu 20 menit dari Batam untuk menyeberang ke Singapura melalui jalur laut.

Selain identik sebagai kota industri, Batam juga identik dengan kota belanja, karena ada banyak pusat perbelanjaan sekaligus barang branded di sana, sehingga kota ini menjadi tujuan banyak penggila belanja. Sedangkan ikon terkenal Batam adalah Jembatan Barelang, yang menghubungkan Batam dengan Pulau Bintan.

Pontianak 

Pontianak adalah salah satu kota terbesar di Indonesia, juga terbesar di Tanah Borneo, setelah Kuching (Malaysia), Balikpapan, dan Banjarmasin. Kota yang dihuni oleh sekitar 600 ribu jiwa ini menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, dan memiliki perekonomian yang ditopang oleh perdagangan, jasa, serta industri.

Pontianak disebut Kota Khatulistiwa, bahkan ikon utama kota ini adalah Tugu Khatulistiwa, karena Pontianak menjadi satu-satunya kota di dunia yang dilewati Garis Khatulistiwa.
 
Selain itu, Pontianak juga dilewati aliran Sungai Kapuas, yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia (1.147 kilometer). Ada beragam suku yang tinggal di Pontianak, meski yang terbesar adalah Melayu, Dayak, dan Tionghoa. Keberagaman mereka terkenal dengan sebutan Tidayu (Tionghoa, Dayak, dan Melayu).

Solo 

Setelah Semarang, Solo adalah kota terbesar ke-2 di Jawa Tengah. Dengan populasi sekitar setengah juta jiwa, Solo juga menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Solo dipimpin oleh seorang Sultan, yang tinggal di Keraton Solo. Keraton tersebut menjadi destinasi wisata terkenal di sana.

Ada banyak kebudayaan Jawa yang lahir di Solo, sehingga kota ini pun dijuluki Spirit of Java, dan terkenal dengan produk batiknya yang halus. Bahkan, identifikasi orang Jawa yang lemah lembut dan ramah pun berakar pada ciri orang-orang Solo yang memang memiliki ciri semacam itu. 

Selain itu, Solo juga terkenal dengan hasil buminya, yaitu beras yang memiliki bentuk serta tekstur yang berkualitas.

Samarinda 

Selain menjadi kota terbesar ke-2 di Kalimantan Timur, Samarinda juga menjadi ibu kota Kalimantan Timur. Kota yang dihuni oleh sekitar 750 ribu jiwa ini berada di tepi laut, sekaligus di tepi hilir Sungai Mahakam. Kota ini dilewati Sungai Mahakam, yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia, yang juga terkenal dengan pesutnya.

Seperti banyak kota lain di Kalimantan Timur, Samarinda juga salah satu kota tambang di Indonesia. Selain itu, Samarinda juga terkenal sebagai penghasil sarung terbesar dan berkualitas di Indonesia, yang populer dengan sebutan sarung Samarinda. Di sana juga terdapat Masjid Islamic Center, yang disebut-sebut sebagai Masjid termegah di Asia Tenggara.

Padang 

Ada banyak hal yang patut dibanggakan dari Padang, salah satu kota terbesar di Indonesia, sekaligus ibu kota Provinsi Sumatera Barat ini. Selain menjadi kota terbesar di sepanjang pesisir barat Sumatera, Padang adalah penghasil makanan yang sangat populer di Indonesia sekaligus di dunia, yaitu rendang. 

Karenanya, kuliner khas padang pun terkenal di mana-mana, bahkan rumah makan Padang tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia.

Tapi Padang tidak hanya memiliki kuliner yang membanggakan. Kota yang dihuni oleh sekitar 900 ribu jiwa ini juga terkenal dengan rumah gadang yang berciri khas unik, memiliki kisah legenda Malin Kundang yang tak lekang masa, menghasilkan bengkuang yang sangat terkenal, serta menjadi rumah bagi cabai paprika. 

Dari Sabang sampai Merauke, hanya Padang yang mampu menumbuhkan varietas cabai tersebut.

Yogyakarta 

Yogyakarta adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang masih dipimpin oleh seorang raja. Karenanya, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan Kota Yogyakarta menjadi ibu kota untuk provinsi tersebut. Karena menjadi tempat tujuan banyak pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia, Yogyakarta pun terkenal dengan sebutan Kota Pelajar.

Selain menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, Yogyakarta juga menjadi destinasi wisata terkenal bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, karena memiliki keindahan kota serta kekayaan budaya yang terawat. 

Di masa lalu, Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia, dan sampai sekarang Istana Kepresidenan di sana masih kokoh berdiri. Ikon utama kota ini adalah Tugu Yogja yang berada tepat di tengah kota.

Malang 

Setelah Surabaya, Malang menjadi kota terbesar ke-2 di Jawa Timur. Kota yang dihuni oleh sekitar 850 ribu jiwa ini berada di dataran tinggi, sehingga memiliki udara sejuk. Kota ini juga terkenal sebagai destinasi wisata, serta merupakan gerbang menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Di Malang ada banyak universitas yang dianggap terbaik di Indonesia, sehingga banyak pelajar yang berdatangan ke sana. Selain itu, di Malang juga terdapat museum, yaitu Museum Angkut, yang disebut sebagai salah satu museum alat transportasi paling lengkap di dunia. 

Di museum tersebut terdapat semua alat transportasi yang digunakan manusia dari masa ke masa. Terakhir, Malang juga terkenal sebagai penghasil apel.

Manado 

Selain menjadi kota terbesar ke-2 di Sulawesi, Manado juga menjadi ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Kota yang dihuni oleh sekitar setengah juta jiwa ini memiliki wisata air terkenal, Bunaken, yang populer di dunia. Sementara kuliner khas Manado yang berciri khas berbumbu pedas juga menjadi salah satu kuliner favorit orang Indonesia.

Sebagai kota pesisir, Manado memiliki cuaca sekaligus pemandangan menyenangkan. Suhu kota yang hangat, serta pemandangan laut yang indah, menjadikan Manado sebagai tempat yang banyak dikunjungi wisatawan.

Denpasar 

Denpasar adalah ibu kota Provinsi Bali, sekaligus menjadi kota yang sangat terkenal di dunia. Dengan populasi sekitar 800 ribu jiwa, Denpasar menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Sementara keberadaannya di Bali menjadikan Denpasar sebagai kota yang paling banyak didatangi wisatawan mancanegara.

Denpasar terkenal sebagai kota yang sangat indah, dengan pantai, pura, dan bangunan lain yang menjadikan kota ini sangat terkenal. Tanah Lot dan Pantai Sanur adalah segelintir keindahan yang memukau di Denpasar.

Bandar Lampung 

Tidak hanya menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, Bandar Lampung juga salah satu kota penting di Pulau Sumatera, karena menjadi pintu gerbang utama antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Kota ini dihuni oleh sekitar 900 ribu jiwa, dan menjadi tempat banyak orang Jawa bermigrasi.

Bandar Lampung terkenal sebagai penghasil kain tapis, juga penghasil pisang. Selain itu, Bandar Lampung juga terkenal dengan gajah Lampung yang dilatih dan dikembangkan di pusat pelatihan gajah di Way Kambas. Karenanya tidak heran kalau ikon Provinsi Lampung adalah gajah.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 3621674125145640677

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item