Kota-Kota dengan Penduduk Paling Bahagia di Eropa

Kota-Kota dengan Penduduk Paling Bahagia di Eropa
Ilustrasi/expat.com
Tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu kota berbanding lurus dengan tingkat kenyamanan yang mereka rasakan, terkait keamanan, jaminan kesehatan, serta tingginya kepuasan hidup rata-rata. Hal semacam itu juga terjadi di Eropa. 

Komisi Eropa melakukan survei pada kota-kota yang tersebar di banyak negara di Eropa, untuk mengetahui kota-kota mana saja yang masyarakatnya memiliki tingkat kepuasan paling tinggi. Dengan kata lain, yang paling bahagia. 

Tujuannya tentu untuk mencontoh dan meneladani kota-kota tersebut, agar kota-kota lain juga memiliki masyarakat dengan tingkat kepuasan dan kebahagiaan yang sama. Berikut ini adalah kota-kota yang paling bahagia di Eropa.

Aalborg, Denmark

Aalborg menempati peringkat teratas sebagai kota paling bahagia di Eropa. Di kota ini, sebanyak 72 persen penduduk yang disurvei mengaku sangat puas hidup di sana, sementara 24 persen menyatakan puas dan menganggap Aalborg sebagai kota paling bahagia di Eropa.

Aalborg adalah kota industri di utara Denmark. Bukan kota besar, namun di kota ini terdapat teater untuk orkestra, sebuah universitas kelas dunia, juga pantai yang indah. Lingkup kota yang tak terlalu besar, lingkungan yang asri dan indah, serta fasilitas yang cukup, tampaknya menjadikan penduduk di sana merasa tenteram dan bahagia.

Copenhagen, Denmark

Masih di Denmark, Copenhagen menjadi kota yang juga paling bahagia di Eropa. Di sana, hanya ada 5 persen penduduk yang menyatakan tidak puas dengan kehidupan yang dijalani, sementara sisanya menyatakan puas. Sebanyak 67 persen penduduk Copenhagen mengaku bahagia tinggal di sana.

Reykjavik, Islandia

Reykjavik adalah ibu kota Islandia, dan merupakan kota terbesar di sana. Meski begitu, kota ini memiliki banyak hal yang memungkinkan penduduknya bahagia. 

Di Reykjavik terdapat fasilitas umum yang memadai, pemandangan yang indah di semua sisi, sementara lingkungan di sana juga cukup tenang dan sangat aman. Hasilnya, lebih dari separuh penduduk Reykjavik mengaku bahagia tinggal di sana.

Zurich, Swiss

Sebanyak 64 persen penduduk Zurich mengaku puas tinggal di kota tersebut, dan sebanyak 34 persen menyatakan sangat puas. Zurich adalah kota penting di Swiss, yang menjadi pusat keuangan negara tersebut. 

Kehidupan di sana sangat teratur, dan ketertaruran yang senantiasa terjaga itu tampaknya membantu penduduk di sana merasa tenteram dan puas dengan kehidupannya.

Graz, Austria

Graz adalah kota di Austria yang dihuni sekitar 270 ribu penduduk. Di antara kota-kota lain di Austria, Graz menunjukkan penduduk yang paling bahagia. 

Ada sebuah museum seni modern di sana yang terkenal, dan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kekayaan alam dan keindahan di sana, plus suasana kota yang tenang dan nyaman, tampaknya menjadi sumber kebahagiaan warga kota.

Oslo, Norwegia

Oslo adalah ibu kota Norwegia yang terkenal makmur dan kaya. Karena itu, kota ini pun mampu membangun infrastruktur dan sarana layanan umum yang memadai bagi warganya. 

Karena itu pula, tidak mengherankan kalau Oslo masuk dalam daftar kota-kota paling bahagia di dunia. Kemakmuran, kekayaan, fasilitas yang memadai, keteraturan kota yang baik, tampaknya sempurna bagi penduduknya.

Malmo, Swedia

Sebanyak 96 persen warga Malmo di Swedia mengaku bahagia tinggal di kota tersebut, dan 320 ribu penduduk di sana menyatakan puas dengan kehidupan mereka. Dibanding Stockholm yang sama-sama di Swedia, Malmo adalah kota yang lebih kecil bahkan lebih tidak terkenal. Tapi tampaknya ukuran dan popularitas memang bukan sumber kebahagiaan.

Muenchen, Jerman

Muenchen menjadi satu-satunya kota di Jerman yang masuk dalam daftar kota paling bahagia di Eropa. Ada banyak hal yang memungkinkan penduduk di Muenchen bahagia tinggal di sana. Di antaranya pemandangan yang indah, peraturan terkait konsumsi alkohol yang terus terjaga, hingga keberadaan tim sepak bola hebat yang terkenal di dunia. 

Wina, Austria

Selain Graz di Austria, Wina juga menjadi kota yang penduduknya paling bahagia di Austria. Yang paling menonjol di Wina tentu keindahan kotanya, hingga kota ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal dunia. 

Hal itu, ditunjang tingkat keamanan yang terjaga, juga kehidupan yang relatif tenang, menjadikan penduduk Wina bahagia dan puas tinggal di sana.

Newcastle Upon Tyne, Inggris

Kota apa yang paling terkenal di Inggris? Tentu jawabannya London. Tetapi, kota apa yang paling bahagia di Inggris? Jawabannya Newcastle Upon Tyne. Dibanding London, Newcastle Upon Tyne tentu sangat tidak terkenal. 

Tetapi, sebanyak 56 persen penduduk di sana sangat puas tinggal di kota tersebut, sementara 37 persen mengaku sangat puas. Newcastle Upon Tyne memiliki pemandangan yang indah, dan kehidupan yang tenang serta aman.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6236016737643175667

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item