Apa Hari Pertama di Tanggal 1 Januari Tahun 1 Masehi?

Ilustrasi/borobudurnews.com Berdasarkan penanggalan Masehi, tahun baru dimulai pada 1 Januari. Saat ini, kita telah memasuki tahun 2020-an. ...

Ilustrasi/borobudurnews.com
Berdasarkan penanggalan Masehi, tahun baru dimulai pada 1 Januari. Saat ini, kita telah memasuki tahun 2020-an. Untuk tahu apa hari pertama di tahun 2010, misalnya, mungkin tidak terlalu sulit, meski telah terjadi sepuluh tahun lalu. Tapi apa hari pertama pada 1 Januari tahun 1? 

Jika kita flashback dengan mengurutkannya ke belakang, hingga mentok di tanggal 1 Januari 0001, kita akan menemukan bahwa Sabtu adalah hari pertama. 

Hari Sabtu jatuh pada 1 Januari tahun 1, jika kita menggunakan kalender Julian. Namun, selama awal-awal tahun penggunaan kalender Julian, dikabarkan ada sedikit kesalahan perhitungan tahun kabisat, yang menjadikan hari pertama di tahun 1 adalah Minggu. 

Penamaan tujuh hari (dalam bahasa Inggris) berkaitan dengan tujuh benda langit, berdasarkan kepercayaan orang Romawi dan Yunani. Tujuh benda langit itu adalah, secara berurutan, Bulan, Merkurius, Venus, Matahari, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Bangsa Romawi dan Yunani percaya tujuh benda itu adalah dewa yang mempengaruhi kehidupan.

Tepat pada pukul 00.00, Saturnus dianggap berpengaruh pada kehidupan. Karena itu, hari pertama disebut Saturday (hari Saturnus) atau Sabtu. Jika kita menghitung hari sampai tahun 1 Masehi, tanggal 1 Januari tahun 1 memang jatuh pada hari Sabtu.

Pukul 00.00 berikutnya jatuh pada Matahari, jadi disebut hari Matahari (Sunday). Selanjutnya Moon's day (Monday), Tiw’s day (Tuesday; Tiw untuk Dewa Mars), Woden's day (Wednesday; Woden untuk Merkurius), Thor's day (Thursday; Thor untuk Jupiter), dan terakhir adalah Freyja's day (Friday; Freyja untuk Dewi Venus).

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7209141596109259065

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item