Bagaimana Menyatakan Ketertarikan Pada Pria, Menurut Sains?

Bagaimana Menyatakan Ketertarikan Pada Pria, Menurut Sains?
Ilustrasi/blogunik.com
Ketika seorang wanita tertarik pada pria, urusannya bisa lebih rumit dibanding jika pria tertarik pada wanita. Dalam ilustrasi sederhana, pria yang tertarik pada wanita bisa langsung mengatakannya, atau menawarkan ajakan kencan yang bisa jadi merupakan sarana untuk menyatakan ketertarikan. Tapi ketika pihak wanita yang tertarik, bagaimana harus menunjukkannya?

Umumnya, wanita akan menggunakan kode berupa bahasa tubuh, atau kata-kata tertentu, sebagai sinyal yang memberi tahu bahwa ia tertarik pada si pria, dan berharap si pria memahaminya. Namun, cara ini kadang—bahkan sering—tidak berhasil, karena umumnya pria tidak berpikir/berbicara menggunakan kode, hingga bisa jadi salah paham, atau sama sekali tidak paham.

Jadi, bagaimana cara yang terbukti secara ilmiah untuk menunjukkan bahwa seorang wanita tertarik pada seorang pria, tanpa harus mengatakannya secara verbal? Adakah kode atau bahasa tubuh tertentu yang bisa ditunjukkan, hingga si pria akan langsung paham bahwa si wanita tertarik kepadanya?

Para ilmuwan di University of Kansas melakukan penelitian khusus terkait hal tersebut, untuk menemukan teknik merayu atau flirting yang efektif bagi wanita saat melakukan pendekatan pada pria. Penelitian mereka menemukan bahwa teknik flirting paling efektif meliputi gerakan kepala, senyuman, dan sorot mata. Tiga hal itu, jika dilakukan dengan tepat, berdasarkan penelitian, akan langsung memberi tahu si pria bahwa “aku tertarik kepadamu”.

Ketika wanita ingin mendekati seorang pria untuk menunjukkan ketertarikannya, para peneliti menyarankan agar memiringkan kepala ke samping—kiri maupun kanan—dan sedikit menunduk. Seiring dengan itu, tunjukkan senyuman tipis, dan tataplah matanya ketika bercakap-cakap—bukan dengan sorot tajam, tapi terlihat fokus kepada lawan bicara (si pria).

Berdasarkan penelitian, gerak tubuh dan ekspresi wajah seperti itulah yang terbukti paling efektif untuk mengaktifkan “radar” hubungan romantis dan seks di otak pria. Dengan begitu, mereka akan sadar bahwa wanita yang ada di hadapannya naksir atau tertarik kepadanya.

Dalam riset ini, para peneliti menggunakan metode yang disebut sistem Facial Action Coding, untuk mendefinisikan “wajah merayu yang paling sempurna”. Dalam arti, ekspresi wajah tersebut akan langsung dipersepsikan pria sebagai petunjuk yang seolah mengatakan, “Aku naksir/tertarik padamu.”

Omri Gillath, Profesor Psikologi University of Kansas, menyatakan, “Dari enam studi, kami menemukan kebanyakan pria bisa mengenali ekspresi wajah tertentu wanita yang merepresentasikan sebuah rayuan. Ia punya morfologi (bahasa) yang unik, membedakan dari ekspresi dengan fitur yang serupa—misalnya senyuman—tapi tidak dipersepsikan sebagai rayuan bagi pria.”

Jadi, jika kebetulan sedang tertarik pada seorang pria dan ingin menyatakannya tanpa harus menggunkan kata-kata, mungkin teknik yang telah terbukti secara sains ini bisa dicoba. Miringkan kepala ke samping dan condongkan sedikit ke bawah, berikan senyum tipis yang manis, serta tatap matanya dengan tulus.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5185616580914209139

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item