Mengapa Kucing Bisa Menemukan Jalan Pulang Saat Tersesat?

Mengapa Kucing Bisa Menemukan Jalan Pulang Saat Tersesat?
Ilustrasi/indozone.id
Sebagai hewan peliharaan, kucing adalah hewan jinak. Namun, bagaimana pun, kucing masih memiliki insting liar. Karenanya, kucing bisa stres jika terus menerus terkurung di dalam rumah, dan sesekali ia akan keluar, jalan-jalan, menikmati kebebasan seperti di alam liar.

Sewaktu-waktu, bisa saja kucing peliharaan kita keluar rumah, dan melangkah sampai jauh. Bisa jadi, kita khawatir karena ia tidak juga pulang, dan terpikir kalau mungkin kucing telah tersesat di jalan yang belum pernah dikenalnya.

Sebenarnya, bisa dibilang, kucing selalu mampu menemukan jalan pulang, andai memang benar tersesat. Yang menjadikan kucing kadang “hilang”, dalam arti tidak pulang ke rumah tuannya, karena ia menemukan “teman baru”—kucing-kucing lain di tempat lain—atau karena kebetulan masuk rumah orang lain, lalu “terkurung” di sana.

Kucing termasuk hewan pintar, salah satunya bisa menemukan jalan pulang, saat ia jalan-jalan meninggalkan rumah tuannya. Kemampuan itu dimungkinkan karena kucing memiliki ingatan yang kuat, sekaligus pengamat yang jeli. 

Tanpa kita sadari, kucing sebenarnya mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya. Begitu pun saat jalan-jalan meninggalkan rumah, ia selalu mengamati sekelilingnya—warna rumah-rumah yang dilewati, bentuk trotoar, percabangan jalan, sampai orang-orang yang ia temui.

Ketika berjalan keluar rumah, kucing akan mengamati warna rumah apa saja yang telah dilewatinya, dan lain-lain, dan hasil pengamatan itu akan terekam dalam memorinya. Ketika kemudian ia berbalik untuk pulang setelah berjalan jauh, ingatan itu akan menuntunnya menemukan jalan kembali.

Selain kebiasaan mengamati sekeliling dan punya ingatan kuat, kucing juga memiliki indra penglihatan dan penciuman yang sama kuat. Indra penglihatan kucing bahkan tetap tajam di malam hari yang gelap, dan itu membantunya untuk melihat apa pun dengan jelas, termasuk jalan pulang, kalau kebetulan ia kemalaman.

Sementara indra penciuman kucing mampu mengenali aneka bau dari hal-hal yang ia lewati saat jalan-jalan. Kombinasi kemampuan itu—pengamatan yang jeli, indra penglihatan yang tajam, dan indra penciuman yang dapat diandalkan—memungkinkan kucing untuk menemukan jalan pulang setelah berjalan-jalan, dan kembali ke rumah kita.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 2977436118118509810

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item