Apa Sungai Terpendek di Dunia, dan di Mana?

Ilustrasi/phinemo.com
Sungai adalah aliran air yang umumnya memiliki panjang ratusan meter, atau setidaknya puluhan meter, yang mengalir ke laut. Sungai Nil terkenal sebagai sungai terpanjang di dunia. Lalu apa sungai terpendek di dunia?

Sungai terpendek di dunia adalah Sungai Tamborasi, yang ada di Sulawesi Tenggara. Berlokasi di Kota Kolaka, Sungai Tamborasi memiliki panjang hanya 20 meter dan lebar 15 meter. Airnya mengalir sepanjang 70 km sebelum bermuara di Laut Flores.

Banyak turis mengunjungi sungai yang pendek ini, dan menyebut Sungai Tamborasi mirip danau di tepi pantai. Meski alirannya pendek dan langsung bermuara ke laut, Sungai Tamborasi memiliki pemandangan alam yang indah. 

Sungai ini dibingkai oleh tebing bercorak marmer, hutan hijau lebat, dan pantai berpasir putih. Di sana juga sesekali terlihat kawanan monyet bulu emas dan burung laut, yang merupakan satwa endemik.

Sungai Tamborasi juga memiliki suhu air yang unik. Di bagian hulu, suhunya cenderung lebih dingin. Sementara di hilir, suhunya lebih hangat karena pertemuan air laut.

Ada mitos populer terkait Sungai Tamborasi. Konon, mengikat tali pada akar pohon di sekitar sungai dapat mendatangkan jodoh bagi yang belum menikah, dan menguatkan keharmonisan bagi yang sudah menikah.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 8335210312259285869

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item