Apa Zat Gizi yang Terkandung pada Bayam?

Ilustrasi/kompas.com
Di Indonesia, bayam termasuk bahan makanan populer yang dikonsumsi banyak orang, dan bisa dimasak dengan banyak cara. Meski mungkin rasanya biasa-biasa saja, bayam memiliki kandungan gizi yang tinggi, karena termasuk jenis sayuran yang kaya nutrisi.

Dalam tiga cangkir bayam mentah, terkandung 20 kalori, tanpa lemak, dua gram protein, dan tiga gram karbohidrat yang terdiri atas dua gram serat, dan satu gram karbohidrat bersih. Meski memiliki sedikit kalori, bayam dikemas dengan nutrisi.

Dalam tiga cangkir bayam juga terkandung lebih dari 300 persen kebutuhan harian vitamin K, yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Bayam juga mengandung lebih dari 160 persen kebutuhan harian vitamin A, dan sekitar 40 persen vitamin C, yang keduanya mendukung fungsi kekebalan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Bayam juga mengandung 45 persen dari kebutuhan harian folat, yaitu vitamin B yang membantu pembentukan sel darah merah dan DNA. Bayam memasok 15 persen dari kebutuhan harian untuk zat besi dan magnesium, 10 persen untuk kalium, dan 6 persen untuk kalsium, bersama sejumlah kecil vitamin B lainnya.

Bayam juga menjadi makanan yang kaya antioksidan. Selain banyak vitamin dan mineral, bayam mengandung antioksidan yang terkait dengan antiinflamasi dan perlindungan penyakit.

Tak hanya itu, bayam merupakan makanan fungsional. Berdasarkan aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif yang terjadi secara alami pada bayam, makanan ini bisa melakukan perlindungan pada tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function menyebut zat yang diturunkan dari bayam dapat mengurangi stres oksidatif, kerusakan DNA, dan penyakit. Bayam juga dapat secara positif mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam metabolisme dan peradangan.

Akhirnya, bayam memicu pelepasan hormon rasa kenyang, yang bisa membuat kita merasa lebih kenyang dan puas. Karena kandungan zat gizinya yang sangat tinggi, para peneliti menyimpulkan, makan lebih banyak bayam dapat membantu kita menjauh dari penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 7748255335505696060

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item