Apa yang Disebut Pembuluh Kapiler, dan Apa Fungsinya?

Ilustrasi/harapanrakyat.com
Pembuluh kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil, tempat pembuluh arteri berakhir. 

Pembuluh kapiler memiliki tiga lapisan. Semakin kecil arteriol, semakin menghilang ketiga lapis dindingnya. Sehingga ketika sampai pada kapiler yang sehalus rambut, dinding itu hanya tinggal satu lapis, yaitu lapisan endotelium. Bahkan, ketika akan melewati pembuluh kapiler, sel darah harus melipat dan mengecil, serta melaju dalam bentuk satu barisan. 

Sel darah merah tidak masuk ke dalam pembuluh kapiler dengan kecepatan tinggi. Karena jika sel darah masuk dengan cepat, bisa menghancurkan pembuluh kapiler yang sangat tipis. Secara sederhana, darah yang dipompa dari jantung akan masuk dengan cepat ke pembuluh nadi. Kemudian ketika sampai ke pembuluh kapiler, darah akan mengalir pelan.

Lapisan yang sangat tipis pada pembuluh kapiler memungkinkan limfe merembes keluar, membentuk cairan jaringan dan membawa air, mineral, dan zat makanan untuk sel. Selain itu, pertukaran gas antara pembuluh kapiler dan jaringan sel menyediakan oksigen, dan menyingkirkan bahan buangan termasuk karbon dioksida. 

Karena hal itu, pembuluh kapiler memiliki fungsi sangat penting sebagai distributor zat-zat penting ke jaringan, yang memungkinkan berbagai proses dalam tubuh berjalan lancar. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 5524731389720836222

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item