Mengapa Puting Payudara Mengeras Saat Cuaca Dingin?

Ilustrasi/orami.co.id
Secara anatomi, puting payudara wanita bisa mengeras karena beberapa hal, di antaranya karena rangsangan seksual, perubahan hormon, hingga karena cuaca atau suhu dingin.

Rangsangan pada puting payudara wanita dapat mengaktifkan korteks sensoris genital, yaitu area otak yang juga aktif terhadap rangsangan klitoris, vagina, dan serviks. Karena itulah, rangsangan pada puting payudara bisa membuatnya mengeras.

Tetapi, seperti yang disebut tadi, puting payudara juga bisa mengeras karena hal lain, termasuk suhu dingin. Mengapa bisa begitu?

Michelle Lee, MD, dokter bedah plastik di Beverly Hills, California, menjelaskan bahwa secara anatomi, ada otot-otot kecil yang berkontraksi pada area di bawah puting payudara dan areola. Kontraksi itu menarik kulit dan mendorong puting keluar, yang salah satu penyebabnya adalah suhu.

“Saat suhu turun, otot-otot kecil di bawah kulit puting berkontraksi untuk menahan udara hangat di dekat kulit, dan melepaskan lebih sedikit panas dari radiasi yang keluar dari kulit,” jelas Dr Lee. Karena latar belakang itu, suhu yang dingin bisa membuat puting payudara mengeras. 

Selain suhu, faktor hormon juga bisa membuat puting mengeras, seperti saat menstruasi. Heather Irobunda, MD, dokter kandungan di Queens, New York, menyatakan, “Saat sedang menstruasi atau sedang ovulasi, perubahan kadar hormon khususnya estrogen, bisa membuat puting lebih sensitif atau lebih mudah mengeras.”

Tak hanya saat menstruasi, puting payudara juga mengeras saat wanita dalam masa kehamilan dan menyusui. Hal ini dianggap sebagai kondisi yang normal. Meski begitu, Dr Lee mengingatkan, jika puting payudara tiba-tiba tertarik ke dalam atau ada cairan, cekungan, benjolan, bahkan rasa sakit yang tidak hilang dalam waktu lama, segera periksakan ke dokter.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 7022705330427000515

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item