Apakah Hewan Juga Punya Bulu Mata?

Ilustrasi/istimewa
Manusia bukan satu-satunya makhluk yang memiliki bulu mata, karena semua hewan, khususnya mamalia, juga memilikinya. Gajah, anjing, kucing, hingga tikus, mereka memiliki bulu mata.

Panjang dan ketebalan bulu mata yang dimiliki hewan-hewan itu berbeda-beda, tergantung tempat mereka tinggal. Sama seperti manusia, rata-rata hewan juga memiliki bulu mata yang lebih panjang pada kelopak mata atas.

Bagi hewan yang tinggal di area berdebu, keberadaan bulu mata memungkinkan mata mereka tidak kemasukan debu. Karena itu pula, hewan semacam gajah, unta, kanguru, hingga jerapah, memiliki beberapa baris bulu mata yang panjang, tidak hanya satu baris.

Pada hewan mengerat, seperti tikus, bulu mata berada di sekitar mata dan berperan sebagai sensor. Dengan adanya bulu mata tersebut, tikus bisa melindungi mata dengan segera menutup ketika merasa ada benda asing di dekat mata mereka.

Tidak hanya mamalia, burung juga memiliki bulu seperti bulu mata di sekitar kelopak mata atas mereka. Bulu-bulu itu melindungi mata burung dari cahaya matahari. Dibandingkan dengan mamalia, bulu mata milik burung lebih panjang (hingga 2 cm), tebal, dan berjarak satu sama lain.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 3319350438470481569

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item