Apa Kaitan Pria Berjari Telunjuk Pendek dengan Kanker Prostat?

Ilustrasi/kompas.com
Di antara lima jari tangan, kita memiliki jari telunjuk dan jari manis, yang dipisahkan jari tengah. Jika kita perhatikan, jari telunjuk memiliki panjang yang sama dengan jari manis, namun bisa pula lebih pendek atau lebih panjang. Terkait hal itu, ada temuan yang mungkin “aneh”, yaitu pria yang berjari telunjuk pendek terindikasi berisiko terkena kanker prostat.

Studi yang dilakukan British Journal of Cancer itu menemukan bahwa pria yang jari telunjuknya lebih panjang dibanding jari manis, secara signifikan lebih rendah terserang penyakit kanker prostat. Kesimpulan itu diperoleh setelah membandingkan tangan 1.500 penderita kanker prostat dengan 3.000 pria sehat. Panjang jari-jari diduga berhubungan dengan kadar hormon seks di dalam rahim. 

Terkait hal itu, para peneliti di University of Warwick dan Institute of Cancer Research menyatakan, kurangnya paparan hormon testosteron sebelum kelahiran membuat telunjuk lebih panjang, dan melindungi tubuh dari serangan kanker prostat di kemudian hari. Profesor Ros Eeles, salah satu penulis laporan studi, menyatakan, penelitian ini menarik namun membutuhkan studi lebih lanjut.

Temuan ini tentu tidak dimaksudkan untuk menakut-nakuti para pria yang kebetulan punya jari telunjuk lebih pendek dibanding jari manisnya. Sebaliknya, penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh pria yang memiliki jari telunjuk lebih pendek untuk lebih dini melakukan skrining kesehatan, terutama jika ada faktor risiko lain, seperti sejarah keluarga atau pengujian genetik. 

Emma Halls, chief executive of Prostate Action, menanggapi temuan ini dengan menyatakan bahwa penelitian tersebut memberikan satu langkah lebih dekat untuk menentukan faktor risiko kanker prostat. 

“Namun,” ia menyatakan, “ini masih jauh dari angka target jumlah pria yang meninggal karena kanker prostat setiap tahunnya, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut dan pendidikan di segala bidang.”

Sementara dr. Hellen Rippon, kepala penelitian The prostate Cancer Charity, mengatakan, pria dengan jari telunjuk lebih pendek tidak perlu khawatir. Indikator ini didapat dari setengah jumlah pria yang sehat, dan itu tidak berarti mereka pasti akan mengembangkan penyakit tersebut di kemudian hari.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Studi 7404124323736272795

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item