Apa Nama Asli Bangkok yang Sebenarnya?

Ilustrasi/iziroam.com
Bangkok adalah salah satu kota di Thailand, dan kita biasanya menyebutnya Bangkok, sebagaimana orang-orang lain di dunia. Tapi nama sebenarnya adalah Krung Thep (diucapkan Grung Cape). Orang Thailand menyebut Krung Thep jika menyebut Bangkok, dan sebutan itu digunakan di seluruh Thailand.

Krung Thep berarti City of Angels (sama seperti Los Angeles), dan merupakan singkatan dari nama lengkap, yang mungkin merupakan nama terpanjang di dunia. 

Nama resmi dan lengkapnya adalah “Krungthep Mahanakhon Amorn Rattanakosin Mahintara Yudthaya Mahadilok Pohp Noparat Rajathanee Bureerom Udomrajniwes Mahasatarn Amorn Pimarn Avaltarnsatit Sakatattiya Visanukram Prasit.” 

Di Thailand, nama itu ditulis sebagai kata tunggal yang terdiri dari 152 huruf. Jika diterjemahkan secara kasar, nama panjang itu berarti: “Kota besar malaikat gudang permata ilahi teragung, tanah besar tak tertundukkan, alam besar dan menonjol, ibu kota kerajaan dan menyenangkan, penuh dengan sembilan permata mulia, tempat tinggal kerajaan tertinggi dan istana megah, tempat penampungan ilahi dan ruang hidup roh reinkarnasi.”

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2044806175402933835

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item