Mengapa Zodiak Scorpio Dilambangkan Kalajengking?

Ilustrasi/paragram.id
Scorpio adalah zodiak untuk orang yang lahir pada 23 Oktober sampai 21 November. Zodiak ini dilambangkan kalajengking. Di antara zodiak lain, kisah yang melatari lambang Scorpio bisa dibilang paling menarik.

Dalam mitologi Yunani, Poseidon memiliki seorang putra bernama Orion, yang disebut sebagai pria paling tampan serta paling tinggi yang pernah ada di dunia. Orion inilah yang kelak melahirkan lambang zodiak Scorpio.

Salah satu wanita yang jatuh cinta pada Orion adalah Artemis, Dewi Perburuan. Kebetulan, Orion sangat hobi berburu.

Seperti umumnya pria dengan kelebihan luar biasa, Orion senang menyombongkan diri. Dia bahkan sesumbar bisa mengalahkan semua makhluk di bumi. Kesombongan itu membuat Gaia, Dewi Bumi, marah dan mengirimkan kalajengking untuk mengalahkan Orion.

Kalajengking yang dikirim Gaia langsung menyengat Orion, dan racun mematikannya seketika mengakibatkan Orion tewas. Melihat kemenangan kalajengking, Gaia kemudian menempatkan kalajengking tersebut di langit sebagai rasi bintang Scorpio. 

Sementara itu, Artemis, yang jatuh cinta pada Orion, juga menempatkan Orion di langit sebagai konstelasi tersendiri. Ia menempatkan Orion bersama dengan anjingnya, yakni Sirius, yang disebut-sebut sebagai bintang paling bersinar di langit para Dewa.

Kisah lain menceritakan bahwa Orion jatuh cinta pada 7 wanita cantik, dan mulai mengejar mereka. Wanita-wanita tersebut tidak menyukai tindakan Orion, dan mereka meminta Zeus untuk menyelamatkan mereka. Agar Orion tidak dapat mengejar 7 wanita itu, Zeus kemudian mengubah mereka menjadi 7 bintang, yang sekarang dikenal sebagai Peliades. 

Tidak hanya itu, Zeus juga mengirimkan kalajengking untuk menyengat Orion, dan mengubah Orion serta kalajengking itu sebagai rasi bintang. Hal itu sebagai hukuman agar Orion selalu mengejar Peliades, namun tidak akan bisa mendapatkannya, dan selalu dikejar oleh kalajengking, yakni zodiak Scorpio.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Mitologi 1897232138448923099

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item