Bagaimana Orang Bisa Memiliki Kemampuan Ambideksteritas?

Ilustrasi/medicalnewstoday.com
Leonardo da Vinci dikenal sebagai orang yang punya kecerdasan luar biasa, sekaligus memiliki kemampuan unik, salah satunya ambideksteritas, yaitu kemampuan menggunakan kedua tangan dengan sama-sama baik, tangan kanan maupun tangan kiri. Kemampuan itu sepertinya diperoleh Leonardo berkat latihan, meski bisa jadi pula ada bakat alami di dalam dirinya.

Pada masa kanak-kanak, tangan kanan Leonardo mengalami cedera. Karenanya, selama tidak bisa menggunakan tangan kanannya, dia pun membiasakan diri menggunakan tangan kiri untuk melakukan berbagai kegiatan yang biasa ia lakukan dengan tangan kanan. 

Belakangan, hal itu menjadi kemampuan unik yang ia miliki—bisa menggunakan tangan kanan dan kirinya dengan sama baik, bahkan dalam waktu bersamaan.

Kemampuan terkait hal itu, yang dianggap sangat mengagumkan, adalah menulis dua bahasa dalam waktu bersamaan, menggunakan tangan kanan dan tangan kiri sekaligus. Leonardo bisa menulis di kertas—menggunakan pena—dalam bahasa Inggris menggunakan tangan kanan, dan, di waktu bersamaan, tangan kirinya menulis dalam bahasa Prancis di kertas lain.

Di masa sekarang, orang yang diketahui juga memiliki kemampuan seperti itu adalah wanita asal China, bernama Chen Siyuan. Dia bisa menggunakan kedua tangannya secara bersamaan untuk menulis dua tulisan dalam bahasa China dan Inggris.

Saat diwawancarai media, Chen Siyuan mengaku bahwa dia tidak mengembangkan kemampuan itu secara khusus. Artinya, dia memiliki kemampuan tersebut secara alami, dan telah menggunakannya sejak masa sekolah. Teman-temannya, yang takjub melihat kemampuan Chen, mencoba meniru, tapi tidak ada satu pun yang bisa melakukannya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 125555407443760401

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item