Apa Investasi Terbaik untuk Pemula atau Orang Awam?

Ilustrasi/pixabay.com
Membicarakan investasi, biasanya yang langsung terbayang di benak kita adalah sejumlah uang yang dimasukkan ke suatu instrumen keuangan atau usaha tertentu, lalu kita berharap bisa menghasilkan keuntungan dari sana. Kenyataannya, investasi keuangan memang begitu, khususnya bagi orang-orang yang memang sudah kenal atau bahkan akrab dengan investasi, dan mereka biasa disebut investor.

Ada banyak instrumen investasi, dari yang mudah sampai yang sulit, dari yang relatif aman sampai yang berisiko. Yang mudah, misalnya, deposito. Kita tinggal memasukkan sejumlah uang ke deposito di bank, dan uang itu akan menghasilkan bunga. Ini jenis investasi yang mudah, juga relatif tidak berisiko, atau risikonya kecil. Selain deposito, investasi emas juga tergolong mudah dan relatif aman.

Sementara investasi yang sulit, misalnya, saham. Sulit, karena butuh pengetahuan, analisis, dan lain sebagainya. Selain itu, investasi saham juga relatif berisiko.

Ada pula investasi yang berbentuk usaha. Misal kita patungan dengan teman, membuka usaha kafe atau restoran. Dari usaha itu, kita berharap bisa menghasilkan keuntungan. Itu juga investasi, dan butuh modal relatif besar, pengetahuan tentang mengelola kafe atau restoran, sampai analisis bisnis, dan lain-lain.

Pertanyaannya, apa investasi terbaik untuk pemula, atau untuk orang yang masih awam investasi?

Jawaban ini mungkin tidak ingin kalian dengar. Investasi terbaik untuk pemula atau orang awam adalah belajar!

Jika kita masih pemula atau bahkan awam dalam hal investasi, belajar atau mengumpulkan pengetahuan seputar investasi adalah investasi terbaik. Dengan mempelajari investasi, kita akan tahu apa sebenarnya yang disebut investasi, apa saja jenis dan macamnya, bagaimana cara melakukannya, setinggi atau serendah apa risikonya, dan lain-lain. Dengan belajar soal investasi, kita selangkah lebih maju dari “pemula” atau “orang awam” terkait investasi.

Kesalahan yang sering dilakukan pemula atau orang awam terkait investasi adalah mulai berinvestasi dengan cara ikut-ikutan tren. Ketika orang-orang lain berinvestasi saham, ikut investasi saham. Ketika orang-orang membicarakan kripto, ikut investasi kripto. Ketika orang-orang dapat keuntungan dari NFT, ikut investasi di NFT. 

Padahal semua jenis investasi itu membutuhkan pengetahuan dasar yang perlu dipahami terlebih dulu sebelum melakukannya. Orang lain mungkin menguasai pengetahuan atau memiliki pengalaman tentang suatu investasi, tapi kita belum tentu. Karenanya, untuk pemula atau orang awam, investasi terbaik untuk dilakukan adalah belajar soal investasi.

Setelah meluangkan banyak waktu untuk mempelajari apa itu investasi, biasanya mata dan pikiran kita akan lebih terbuka, wawasan kita lebih matang, pengetahuan kita mengenai investasi akan lebih baik, dan biasanya kita pun akan tahu investasi jenis apa yang sekiranya cocok dengan kita, yang bisa kita lakukan dengan baik.

Bagaimana pun, investasi membutuhkan sejumlah uang, dan kita berharap sejumlah uang itu bisa menghasilkan keuntungan. Luangkan waktu untuk belajar terlebih dulu, agar keinginan itu bisa terwujud, dan bukan uang kita malah hilang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5621879222074376527

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item