Mengapa Tubuh Kita Bergidik Setelah Buang Air Kecil?

Ilustrasi/pixabay.com
Ketika buang air kecil, atau setelah buang air kecil, sering kali tubuh kita bergidik tanpa bisa kita kendalikan. Memang tidak selalu, tapi hampir bisa dipastikan kita pernah atau bahkan sering mengalami hal ini. Jadi, mengapa tubuh kita tiba-tiba bergidik setelah buang air kecil?

Selain untuk mengeluarkan cairan yang berlebihan dari tubuh—misal karena kita banyak minum—buang air kecil adalah proses yang dilakukan tubuh untuk menjaga kestabilan kondisi suhu tubuh kita, khususnya ketika berada di tempat dingin, atau ketika cuaca sedang dingin.

Saat kita berada di tempat yang dingin, tubuh akan memproduksi panas, agar suhu tubuh tetap stabil. Salah satu hasil dari pembuatan panas oleh tubuh adalah air yang harus dibuang melalui proses buang air kecil.

Karenanya, ketika buang air kecil, tubuh kita mengeluarkan panas, dan panas tubuh yang dikeluarkan lewat proses itu menghilangkan sebagian panas di tubuh kita. Hasilnya, tubuh kita akan membuat panas lagi dengan mengaktifkan otot tubuh, yaitu dengan cara menggidik atau menggigil.

Itulah kenapa kita kadang mengalami tubuh yang tiba-tiba bergidik setelah buang air kecil, dan kita juga cenderung lebih sering buang air kecil saat udara dingin.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 8227906594063261345

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item