Apa Piramida Terbesar di Dunia, dan Dimana Lokasinya?

Ilustrasi/klcbs.net
Apa piramida terbesar di dunia? Piramida Giza di Mesir? Bukan. Piramida Giza memang terbesar di Mesir, tapi bukan yang terbesar di dunia. Piramida terbesar di dunia justru ada di Meksiko, bernama Piramida Agung Cholula. Lokasi tepatnya di negara bagian Puebla, Meksiko.

Dilihat di zaman sekarang, Piramida Agung Cholula mungkin tampak seperti bukit berumput, namun itu merupakan kompleks piramida terbesar di dunia, seluas 45 hektar dan setinggi 53 meter. 

Piramida yang bernama resmi Tlachihualtepetl itu dibangun oleh orang-orang Meksiko, sebelum kedatangan Christopher Colombus. Piramida terbesar di dunia ini berfungsi sebagai kuil dewa Aztec, Quetzalcoatl.

Pada abad ke-16, setelah penaklukan kota oleh penjajah Spanyol, sebuah gereja Katolik didirikan di atas piramida yang tertutup rumput itu.

Selain Piramida Agung Cholula, Meksiko juga memiliki Piramida Matahari di Teotihuacan. Piramida yang dibangun di abad-abad awal Masehi ini merupakan salah satu dari rangkaian Piramida Bulan dan kuil orang asli Meksiko. Sisi alas Piramida Matahari, yang berbentuk persegi, memiliki panjang 222 meter, dengan tinggi semula hampir 60 meter.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1490320630956724316

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item