Apakah Aligator Akan Mati jika Air Tempat Hidup Mereka Membeku?

Ilustrasi/pixabay.com
Jika air tempat hidup aligator mengalami pembekuan hingga menjadi es, apakah aligator akan mati? Jawabannya mungkin mengejutkan, yaitu tidak.

Di North Carolina, Amerika Serikat, banyak aligator hidup di perairan. Ketika cuaca sangat dingin, hingga perairan tempat mereka hidup membeku seperti es, aligator akan memasuki fase istirahat yang mirip hibernasi, disebut brumation. 

Saat dalam fase brumation, metabolisme tubuh aligator akan melambat, dan secara efektif mereka seperti dalam keadaan tidur. Mereka hanya perlu menjaga lubang hidung tetap di atas permukaan es, sehingga bisa bernapas, sampai temperatur kembali normal. 

Sebenarnya bukan hanya aligator yang menjalan fase semacam itu saat cuaca dingin datang. Reptil lain yang hidup di daerah dingin juga mengalami brumation. Kebanyakan spesies ular akan hidup di liang komunal selama musim dingin, sementara buaya akan berdiam diri seperti mati.

Ketika menjalani fase brumation, buaya benar-benar tidak akan bergerak. Kita bahkan bisa menyentuh atau memegang tubuh mereka, dan buaya tidak akan bereaksi. Hewan itu benar-benar terlihat seperti sudah mati, namun sebenarnya hanya sedang menghemat energi, sampai temperatur lingkungan kembali naik.

Setelah temperatur lingkungan kembali normal, mereka akan kembali ke keadaan semula, dan berperilaku normal lagi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 6243198128907228106

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item