Mengapa Mengumpulkan Air Hujan Bisa Menjadi Hal Ilegal?

Ilustrasi/kordanews.com
Sebagian negara melarang orang menadah atau mengumpulkan air hujan yang turun, dan pelakunya bisa terancam pidana penjara. 

Kok bisa? Apa salahnya mengumpulkan air hujan?

Ketika mendengar istilah “menadah hujan” atau “mengumpulkan air hujan”, mungkin yang ada dalam bayangan kita adalah orang meletakkan ember atau baskom di depan rumahnya, lalu memanfaatkan air hujan itu untuk mencuci motor atau perabotan rumah. 

Kalau sekadar mengumpulkan air hujan seember atau sebaskom, tentu saja tidak masalah! Yang jadi masalah adalah ketika orang sengaja membangun kolam besar milik pribadi—luasnya bisa ratusan meter persegi—yang sengaja ditujukan untuk “mengumpulkan air hujan”. Praktik semacam itu berdampak pada ekosistem air, dan latar belakang semacam itulah yang memunculkan pelarangan mengumpulkan air hujan.

Colorado adalah salah satu contoh wilayah yang melarang warganya mengumpulkan air hujan. Karenanya, orang yang mencoba mengumpulkan air hujan akan dipidanakan dengan tuduhan melakukan kegiatan ilegal, berdasarkan hukum Colorado.

Pada 2016 silam, misalnya, seorang pria bernama Gary Harrington bahkan sampai dijatuhi hukuman penjara gara-gara kedapatan menampung air hujan di rumahnya. Terdengar berlebihan? Sebenarnya tidak juga. Pasalnya, Gary Harrington menampung air hujan dengan membangun danau buatan yang mampu mengumpulkan hingga 13 juta galon air. Artinya, air hujan yang ditampung Gary Harrington di danau pribadinya mampu mengisi 20 kali luas kolam renang ukuran Olimpiade.

Pemerintah Colorado menjatuhkan hukuman pada Gary Harrington, karena menilai perbuatannya—menampung air hujan di danau buatan—akan mengganggu ekosistem air, aliran sungai, dan pemerataan air dimasyarakat. Air hujan yang mestinya mengalir ke daerah aliran sungai jadi “tersumbat”, karena tertampung di danau buatan Gary Harrington.

Latar belakang semacam itulah yang menjadikan beberapa negara sampai memberlakukan larangan menadah atau mengumpulkan air hujan. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2896445898457859854

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item