Mengapa Orang Suka Menyanyi di Kamar Mandi?

Ilustrasi/lokadata.id
Banyak orang suka menyanyi di kamar mandi, biasanya sambil mengeringkan badan dengan handuk usai mandi. Selain menyenangkan, menyanyi di kamar mandi juga bisa membuat orang “kecanduan”. Pasalnya, suara kita jadi terdengar merdu saat menyanyi di kamar mandi. Kok bisa?

Suara yang terdengar merdu saat menyanyi di kamar mandi bukan mitos, itu dialami banyak orang. Akui sajalah, kamu juga merasa suaramu jadi merdu ketika menyanyi di kamar mandi, meski suara aslinya mungkin tidak merdu-merdu amat.

Jadi, kenapa suara kita terdengar [lebih] merdu ketika menyanyi di kamar mandi?

Jawabannya karena reverb. Reverb adalah efek suara yang terjadi karena adanya suara yang dipantulkan. Itulah penyebab suara kita jadi terdengar lebih merdu, karena ada suara yang memantul atau menggema. Di bidang audio system, efek gema itu disebut reverb in.

Kamar mandi umumnya berupa ruang yang tidak terisi bahan/barang yang bersifat meredam suara. Sebagai perbandingan, kamar tidur kita penuh barang yang meredam suara, seperti kasur, bantal, guling, hingga gorden. 

Sementara di kamar mandi tidak ada barang-barang semacam itu, dan kamar mandi juga biasanya tertutup rapat, sehingga pantulan suara yang terjadi lebih banyak. Karena hal itu, kamar mandi menciptakan efek natural ambiènce pada suara yang dihasilkan di dalamnya.

Di studio rekaman, intensitas efek gema atau reverb dikontrol dari mixer, sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan suara intstrumen dan vokal. 

Di kamar mandi, hal semacam itu tidak bisa dilakukan, sehingga ambiènce yang dihasilkan lebih besar, bahkan bisa melebihi suara vokal asli. Apalagi jika langit-langit kamar mandi tempat kita menyanyi relatif tinggi, suara vokal kita jadi terdengar “indah sekali”. Pitch vokal kita jadi tidak terdengar fals, suara kita lebih “tertahan”, dan tiba-tiba kita merasa punya napas Mariah Carey.

Latar belakang itu, sepertinya, yang menyebabkan banyak orang suka menyanyi di kamar mandi, karena merasa suaranya jadi lebih merdu. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 1260436244295493637

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item