Apa yang Terjadi Jika Tersengat Racun Cone Snail?

Ilustrasi/dan.org
Siput Cone (Cone Snail) disebut pula siput kerucut. Hewan ini memiliki warna cerah, dan bentuknya terlihat lucu sehingga orang sering kali tergoda untuk menyentuhnya. Namun, siput ini sangat berbahaya, karena mengandung racun. 

Ketika berada dalam genggaman, misalnya, ia akan menusukkan duri sekaligus menyuntikkan racunnya. Kekuatan duri yang ada di bagian kepala siput itu sangat hebat, karena dapat menembus sarung tangan atau pakaian selam yang tebal. 

Ketika tersengat oleh racun siput tersebut, korban akan mengalami kerusakan saraf. Bagian tubuh yang tersengat akan sangat sakit, dan kemudian mati rasa. Setelah itu, racun akan menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat, dan mengakibatkan lumpuh. 

Setelah itu napas berhenti, dan jantung pun tak lagi berdetak. Proses itu hanya membutuhkan waktu 4 menit. Karenanya, siput yang tampak lucu ini adalah pembunuh yang amat berbahaya.

Racun siput ini sekarang memang telah ada penawarnya. Namun, dengan kecepatannya yang mematikan, korban sengatannya sering kali tidak sempat tertolong. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 3796764043442914444

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item