Dari Mana Asal Cahaya Kunang-kunang?

Ilustrasi/cnnindonesia.com
Semua orang tahu bahwa kunang-kunang mampu mengeluarkan cahaya, namun mungkin tidak semua orang tahu dari mana cahaya kunang-kunang berasal. 

Cahaya yang dihasilkan kunang-kunang disebut Luminescence, dan berasal dari zat dalam tubuh kunang-kunang yang disebut Luciferin. Ketika Luciferin bergabung dengan oksigen, maka muncul cahaya. 

Uniknya, cahaya kunang-kunang tidak panas, sehingga hewan itu pun tidak merasakan panas meski tubuhnya bercahaya.

Meskipun telah mengetahui dari mana asal cahaya kunang-kunang dan bagaimana proses cahaya itu dihasilkan, namun para ilmuwan sampai saat ini tetap belum mampu menemukan cara untuk dapat membuat cahaya tiruan sebagaimana yang dihasilkan oleh kunang-kunang. 

Para ilmuwan telah mengambil beberapa unsur dari tubuh kunang-kunang untuk mempelajarinya, namun sampai saat ini belum ada yang mampu membuatnya. Artinya, sampai saat ini, cahaya kunang-kunang tetap masih menjadi misteri.

Kunang-kunang dikenali karena cahayanya yang tampak bersinar di malam hari. Hewan yang merupakan keluarga dari ordo Coleoptera ini biasa ada di lingkungan kita, meski akhir-akhir ini semakin jarang kita temukan. Kabar terakhir bahkan menyebutkan kalau kunang-kunang terancam punah dari Indonesia. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 6079816420959367707

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item