Apa Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia?

Ilustrasi/ayobandung.com
Pada 1926, jauh sebelum Indonesia merdeka, ada sebuah film berjudul Loetoeng Kasaroeng. Film ini disutradarai oleh pembuat film asal Belanda, tapi melibatkan aktor Indonesia pada masa itu.

Satu tahun kemudian, pada 1927, ada film lain berjudul Eulis Atjih. Disutradarai orang Belanda, bernama G. Kruger, dan melibatkan aktor Indonesia—dua pemeran utamanya bernama Arsad dan Soekria.

Pada 1928, muncul film lain berjudul Lily Van Java. Semula disutradarai orang Amerika bernama Len H. Roos. Ketika dia pulang ke negaranya, proyek film ini dilanjutkan oleh Nelson dan David Wong, karyawan penting perusahaan General Motors di Batavia, yang waktu itu membentuk Hatimoen Film. Lily Van Java disebut sebagai film Tionghoa pertama yang dibuat di Indonesia.

Masih di tahun 1928, ada film lain berjudul Resia Boroboedoer, diproduksi oleh Nancing Film Co, dan dibintangi aktor Tionghoa yang tinggal di Indonesia, bernama Olive Young. Ada pula film berjudul Setangan Berloemoer Darah, yang lagi-lagi merupakan film produksi Tionghoa yang dibuat di Indonesia. Sutradara film ini bernama Tan Boen San.

Memasuki 1929, muncul film Njai Dasima I, kisahnya ditulis G. Francis pada tahun 1896. Mengisahkan seorang wanita yang hidup di Tangerang dan Batavia, sekitar 1813-1820-an.

Masih di tahun 1929, ada film lain berjudul Rampok Preanger, dibintangi aktris terkenal di masa itu, bernama Ining. Lalu ada Si Tjonat, yang dibintangi aktor Tionghoa bernama Lie A Tjip.

Beralih ke 1930, muncul film Si Ronda, disutradarai oleh Lie Tek Swie dan A. Loepias, dan dibintangi oleh Bachtiar Efendy dan Momo.

Terakhir, pada 1931, ada film berjudul Boenga Roos dari Tjikembang. Disutradarai The Teng Chun, sementara skenarionya ditulis Kwee Tek Hoay. Ini menjadi film bersuara pertama di Indonesia, sementara film-film sebelumnya merupakan film bisu (tanpa suara).

Deretan film tadi merupakan film-film awal di Indonesia, yang diproduksi sebelum Indonesia merdeka. Memang tidak sepenuhnya dibuat orang Indonesia. Tapi film-film itu dibintangi aktor-aktor Indonesia, atau dibuat orang yang tinggal di Indonesia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Budaya 1673462999332830796

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item