Apa Hewan Purba yang Memiliki Gigitan Paling Kuat?

Ilustrasi/pixabay.com
Karena kita tidak menyaksikan hewan-hewan purba secara langsung ketika mereka masih hidup, kita pun tidak bisa memastikan siapa di antara hewan-hewan purba yang memiliki gigitan terkuat. Namun, untuk menjawab pertanyaan tersebut, para ilmuwan memiliki cara untuk mengetahuinya.

Di antara hewan-hewan purba yang terkenal, Tyrannosaurus rex adalah salah satunya. Hewan ini tidak hanya terkenal buas, tapi juga memiliki rahang kuat dan gigi-gigi tajam. Salah satu mangsa Tyrannosaurus rex di zaman purba adalah Triceratops.

Untuk mengetahui sekuat apa gigitan Tyrannosaurus rex, para ilmuwan menggunakan referensi berupa bekas gigitan yang dalam, yang terdapat pada kerangka Triceratops yang ditemukan. 

Para ilmuwan menggunakan gigi artifisial Tyrannosaurus rex yang ditempelkan ke mesin penekan hidrolik. Di bawah mesin itu, mereka meletakkan material yang merepresentasikan tulang Triceratops, dengan kekuatan yang setara. 

Mereka lalu menghidupkan mesin itu, dan menghitung berapa tekanan yang dibutuhkan untuk menghasilkan bekas gigitan yang sama dengan tulang aslinya. Menggunakan rumus perhitungan, para ilmuwan mendapati bahwa gigitan Tyrannosaurus rex dapat mencapai 60.000 Newton! Itu kekuatan gigitan yang luar biasa.

Selain Tyrannosaurus rex, ada pula hewan purba lain yang terkenal punya gigitan mematikan, yaitu Pliosaurus, sejenis reptil laut yang hidup sezaman dengan dinosaurus. Beberapa tengkorak hewan ini mencapai panjang 2,5 meter, jauh lebih besar dari tengkorak Tyrannosaurus rex yang “cuma” sepanjang 1,52 meter. 

Berdasarkan rahangnya, para ahli memperkirakan kekuatan gigitan Pliosaurus setidaknya empat kali kekuatan gigitan Tyrannosaurus rex. Jika ini benar, Pliosaurus adalah hewan purba dengan gigitan terkuat.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 4192692769691166327

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item