Mengapa Burrowing Owl Kadang Suka Mendesis?

Ilustrasi/ecowatch.com
Burrowing owl dapat ditemukan di padang rumput dan gurun, dari Kanada sampai Patagonia. Mereka bersarang dalam liang, dan sering menggunakan liang yang sudah ditinggalkan hewan lain. Namun, jika tidak dapat menemukan liang kosong, mereka bisa menggali lubang sendiri.

Anak burrowing owl sering ditinggal sendirian dalam liang, sementara induknya berburu. Selama waktu itu, si anak pun rentan terhadap serangan pemangsa seperti rubah, anjing hutan, musang, atau kucing. 

Karena itulah kemudian anak burung itu mengembangkan sistem pertahanan diri yang unik demi menjaga keselamatannya. Ketika merasa terancam—misalnya jika hewan pemangsa mulai menggali pintu masuk liangnya—anak burrowing owl akan mengeluarkan suara mendesis mirip ular memperingatkan musuhnya. 

Karena ular derik yang sangat berbisa diketahui sering bersembunyi dalam liang, sebagian besar predator pun lebih memilih untuk pergi menjauh setelah mendengar desisan mengerikan itu.

Mekanisme pertahanan mereka yang unik itu dianggap salah satu yang paling efisien di antara burung, namun memiliki kelemahan. Desisan mengerikan itu tidak akan berfungsi jika calon pemangsanya adalah ular derik sendiri, karena si ular pasti tahu itu desisan palsu. Lebih dari itu, ular derik juga tuli!

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Fauna 26151290012078426

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item