Bagaimana Asal Usul Mandu yang Terkenal di Korea?

Ilustrasi/id.theasianparent.com
Mandu, yang memiliki bentuk serupa dengan gyoza, sering dianggap sebagai hidangan asli Korea, tetapi sebenarnya Mandu berasal dari China.

Mandu pertama kali diperkenalkan ke Korea pada zaman Dinasti Goryeo. Pada saat itu, Mandu biasa disantap selama musim dingin dan perayaan Tahun Baru seperti Seollal atau Tahun Baru Imlek.

Mandu umumnya diisi potongan daging babi, meskipun di Indonesia lebih sering menggunakan daging ayam. Terkadang, potongan daging ini juga dicampur tahu atau jamur. Mandu dapat disajikan dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng.

Secara tampilan, Mandu hampir mirip gyoza, tetapi perbedaannya terletak pada campuran bahan isian. Gyoza cenderung menggunakan bawang putih sebagai bahan utama, sedangkan Mandu menggunakan berbagai bahan lain seperti bawang bombai, minyak wijen, dan lain sebagainya.

Di Korea, Mandu memiliki tiga jenis berdasarkan isian, yaitu gogi mandu yang diisi daging yang telah dibumbui, gimchi mandu yang diisi kimchi, boseon mandu yang diisi jamur, dan hobang mandu yang diisi labu air.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 1328674352733998876

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item