Apa yang Dimaksud Peristiwa Bandung Lautan Api?

Apa yang Dimaksud Peristiwa Bandung Lautan Api? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/wjtoday.com
Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, Jawa Barat, pada 24 Maret 1946, ketika ribuan penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal itu dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan Bandung sebagai markas strategis militer dalam perang kemerdekaan Indonesia.

Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoangan Priangan di hadapan semua kekuatan perjuangan Republik Indonesia. Kemudian, Kolonel Abdoel Haris Nasoetion selaku Komandan Divisi III TRI waktu itu, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan evakuasi kota Bandung.

Hari itu juga, rombongan besar penduduk Bandung mengalir keluar dari kota Bandung, dan malam harinya pembakaran kota berlangsung.

Pembumihangusan Bandung tersebut dianggap strategi yang tepat dalam perang waktu itu, karena kekuatan tentara Indonesia dan milisi rakyat tak sebanding dengan kekuatan Sekutu dan NICA yang berjumlah besar.

Setelah peristiwa tersebut, tentara bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. Peristiwa itulah yang kemudian mengilhami lagu “Halo, Halo Bandung”.

Sementara istilah Bandung Lautan Api muncul pertama kali di harian Suara Merdeka, tanggal 26 Maret 1946. Seorang wartawan muda, Atje Bastaman, menyaksikan pemandangan pembakaran Bandung tersebut dari bukit gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak bukit, Atje Bastaman melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai Cimindi.

Setelah tiba di Tasikmalaya, Bastaman segera menulis berita dan memberi judul “Bandoeng Djadi Laoetan Api”. Namun, karena kurangnya ruang, judul berita tersebut diperpendek menjadi “Bandoeng Laoetan Api”.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5558925650440372410

Posting Komentar

  1. kita harus meneruskan perjuangan para pahlawan yaitu dengan belajar oke

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item