Berapa Suhu Matahari?

Berapa Suhu Matahari?
Ilustrasi/grid.id
Kita tidak dapat mengukur suhu Matahari secara langsung, karena suhunya sangat tinggi. Para astronom hanya menggabungkan metode-metode pengamatan dan berbagai teori untuk menaksir kondisi-kondisi di Matahari. Teori penyusutan Helmholtz, misalnya, memperkirakan bahwa suhu di pusat Matahari mencapai 15 juta Kelvin. Suhu tersebut dipercaya sebagai suhu dalam inti matahari.

Tak berbeda jika menggunakan ukuran Celcius, suhu Matahari sekitar 15.000.000 derajat Celsius pada inti dalam, 7.000.000 derajat Celsius pada inti luar, sementara suhu permukaan matahari sekitar 6.000 derajat Celsius. Tak terbayang seperti apa panasnya, karena Bumi kita yang cuma memiliki suhu antara 35 sampai 40 derajat Celcius saja sudah membuat kita berkeringat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 7114270136162336751

Posting Komentar

  1. Matahari aja uda menakutkan banget suhunya.apa lagi neraka..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panasnya neraka tidak terbayangkan, saking panasnya Wallahu a'lam.

      Hapus
  2. kalau boleh tanya apakah itu fakta?? atau cuma asumsi saja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini berisi fakta, bukan asumsi. Lihat referensinya di sini: http://belajar-sampai-mati.blogspot.co.id/p/referensi.html

      Hapus
    2. yang aq maksud itu lo angka suhu"nya apa faktanya segtu??kalu emang fakta knpa kok ada kata" MEMPERKIRAKAN???
      butuh penjelasnnya gan

      Hapus
    3. Perhatikan kalimat pertama artikel di atas di atas, "Kita tidak dapat mengukur suhu matahari secara langsung, karena suhunya sangat tinggi..." Jangankan mengukur secara pasti, bahkan orang sudah mati terbakar begitu mencoba mendekati.

      Karena itu, digunakanlah rumus atau skala ilmiah terkait cara mengukur suhu di matahari, sehingga kita dapat memperkirakan berapa suhu matahari tanpa harus mengukurnya secara langsung (karena memang tidak mungkin).

      Maksud "memperkirakan" di sini bukan berdasarkan asumsi, melainkan berdasarkan rumus, teori, dan skala yang telah diakui keilmiahannya.

      Hapus
  3. ooh,
    berarti itu cuma itung"n kira" ya gan,
    kalau boleh tau gmna cra ngehitugnya gan kalau gtu??kok sampai nemu shu segtu gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh posting sendiri untuk menjawab dan menjelaskannya.

      Hapus
    2. maksudnyq gini kamu gk bisa menghitung jumlah yg pasti manusia yg ada di bumi contonya gitu

      Hapus
  4. maksudnya gni kamu gk bisa menghitung secara pasti jumlah manusia di bumi yg jumlahnya 7,4 miliar tapi gk mungkin kan jumlahnya cmn mentok 7,4 miliar karna yg di hitung cmn yg terdaftar kependudukannya

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item