Apakah Hitam dan Putih Termasuk Komposisi Warna?

Dulu, sebelum ada televisi berwarna, yang ada televisi hitam putih. Mengapa televisi zaman dulu disebut “televisi hitam putih”, dan bukan “...


Dulu, sebelum ada televisi berwarna, yang ada televisi hitam putih. Mengapa televisi zaman dulu disebut “televisi hitam putih”, dan bukan “televisi berwarna hitam putih”? Apakah hitam dan putih tidak termasuk komposisi warna? Pertanyaan itu telah menjadi salah satu perdebatan terkenal, karena perbedaan opini masing-masing orang. Jadi, apakah hitam dan putih termasuk komposisi warna?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita lihat terlebih dulu bagaimana warna bisa tercipta.

Ada dua faktor yang menjadikan terbentuknya warna, yaitu benda nyata dan benda tidak nyata. Warna benda nyata adalah hasil pigmen atau molekul. Misalnya, warna yang timbul pada kulit adalah hasil warna molekul di bawah permukaan kulit. Begitu pula warna yang dihasilkan pada lukisan adalah hasil pigmen warna yang digunakan untuk menggambar.

Sedangkan warna benda tidak nyata misalnya warna yang muncul pada televisi atau monitor komputer. Warna sebuah objek yang terlihat pada televisi atau monitor komputer adalah warna yang dikeluarkan cahaya. Warna di monitor komputer atau televisi diciptakan oleh gabungan dari foton cahaya yang dikirim dalam sistem elektronik, yang disebut RGB (Red-Green-Blue). Itulah tiga warna primer aditif pembentuk yang ada di dalamnya.

Berdasarkan kenyataan itu, maka berikut inilah jawaban berdasarkan teori warna pigmen aditif.

Hitam adalah wujud ketiadaan warna. Ketika tidak ada cahaya, semua terlihat hitam. Misalnya monitor komputer atau televisi yang mati. Karenanya, hitam bukan warna. Sedangkan putih adalah campuran dari semua warna, dan karena itu putih disebut warna. Misalnya sinar matahari yang berupa cahaya putih, yang terdiri dari semua spektrum warna, dan baru terlihat jika melewati prisma (pelangi).

Cara sederhana lain untuk menunjukkan bagaimana hitam terbentuk adalah dengan mencampurkan tiga warna primer aditif (merah, kuning, biru). Ketika tiga warna itu dicampurkan, hasilnya adalah hitam.

Jadi, hitam tidak termasuk komposisi warna, karena benda hitam menyerap semua warna dari spektrum yang terlihat, dan tidak memantulkan kembali satu pun spektrum warna. Sedangkan putih adalah warna, karena putih dapat memantulkan semua warna dari spektrum cahaya yang dapat terlihat oleh mata.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 426334341135408189

Posting Komentar

  1. hehe ... ini warna dalam teori spektrum cahaya
    beda lagi dengan teori warna dalam domain campuran cat, tinta, dan pensil
    dalam pelajaran seni, hitam dan putih tidak disebut warna
    coba aja beli tinta printer yang warna, pasti isinya cuma Cyan Magenta Yellow

    BalasHapus
  2. umm ... nambahin lagi, sebenarnya banyak pendekatan untuk merepresentasikan warna selain dengan RGB; salah duanya adalah dengan metode HSL dan Y Cb Cr

    *ahh malah jadi keinget mata kuliah kompresi citra JPEG

    BalasHapus
  3. Berarti, tergantung teori yang digunakan, bisa jadi putih juga bukan warna ya? Trims tambahannya, John.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item