Siapa Wanita Pertama di Dunia yang Memimpin Negara?

Siapa Wanita Pertama di Dunia yang Memimpin Negara?
Ilustrasi/dailynews.com
Siapakah wanita pertama yang menduduki puncak pemerintahan di suatu negara? Jawabannya tentu bukan Margaret Thatcher atau Golda Meir, tapi Sirimavo Bandaranaike.

Nama lengkapnya Sirimavo Ratwatte Dias Bandaranaike, dan ia lahir pada 17 April 1916. Semula, Bandaranaike menjadi politisi di Sri Lanka, sampai kemudian meraih jabatan Perdana Menteri di sana untuk tiga kali periode, yaitu pada 1960-1965, 1970-1977, dan 1994-2000. Kenyataan itu menempatkan Bandaranaike sebagai perdana menteri wanita pertama di dunia.

Selain menjadi perdana menteri, Bandaranaike juga ketua Partai Kebebasan Sri Lanka (Sri Lanka Freedom Party) dan istri Perdana Menteri Sri Lanka sebelumnya, Solomon Bandaranaike.

Yang “ajaib”, Bandaranaike tidak hanya menjadi perdana menteri dan menjadi istri perdana menteri, tapi juga menjadi ibu presiden kelima Sri Lanka, Chandrika Kumaratunga—saat Bandaranaike menjadi perdana menteri untuk jabatan ketiga kalinya.

Dua anaknya yang lain juga menjadi orang terkenal di Sri Lanka. Pertama adalah Anura Bandaranaike, yang menjadi Menteri Pariwisata Sri Lanka. Kedua adalah Sunethra Bandaranaike, yang terkenal sebagai seorang filantropis.

Sirimavo Ratwatte Dias Bandaranaike meninggal pada 10 Oktober 2000, dalam usia 84 tahun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4729816829615443567

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item